Idulfitri Tahun 1441 Hijriah Jalur Tasikmalaya-Garut Sepi Pemudik

Minggu, 24 Mei 2020 19:42 D. Farhan Kamil Ramadan

Idulfitri Tahun 1441 Hijriah Jalur Tasikmalaya-Garut Sepi Pemudik

 

 

Koropak.co.id - Idulfitri 1 Syawal 1441 tahun 2020 ini, arus lalu lintas di sejumlah jalur protokol di wilayah Kabupaten Tasikmalaya, menunjukan pemandangan berbeda dari Idulfitri tahun sebelumnya.

Salah satu contoh di Jalan Singaparna Tasikmalaya-Garut, dari pantauan Koropak, jalur ini terlihat lengang. Hal itu seiring dengan berlakunya kebijakan pemerintah ditengah-tengah situasi pandemi Covid-19.

Kasat Lantas Polres Tasikmalaya AKP E Kosasih mengatakan, sampai saat ini kondisi jalur Tasikmalaya-Garut lancar seperti hari biasanya. Alias tidak ada lonjakan jumlah arus kendaraan yang melintas jalan tersebut.

"Sampai saat ini, arus lalu lintas lancar seperti hari-hari sebelumnya. Situasi ini jelas berbeda dengan suasana Idulfitri tahun sebelumnya,” kata, E Kosasih, Minggu (24/5/2020).

 

Baca : Imbauan Bupati Tasikmalaya Sukses, Takbir Keliling Nihil

 

Menurutnya, rendahnya intensitas kendaraan di jalur utama kabupaten dibanding tahun sebelumnya, salah satunya dipengaruhi rendahnya angka pemudik seiring dengan kebijakan pemerintah terkait Covid-19.

Sehingga terang dia, pemudik sudah betul-betul terjaring dari mulai Jakarta, Bandung dan Garut termasuk di perbatasan Kabupaten Tasikmalaya.

“Untuk kendaraan yang melintasi jalur Tasikmalaya-Garut saat ini masih didominasi transportasi masyarakat lokal yang bersilaturahmi," ujarnya.

 

Baca : Pengamanan Malam Takbir, Polres Tasikmalaya Kota Gelar Apel Gabungan

 

Ditambahkan, Polres Tasikmalaya masih memiliki waktu cukup panjang dalam pelaksanaan Operasi Ketupat Lodaya 2020 hingga 30 Mei mendatang. “Kita tetap siaga dan waspada untuk mengamankan situasi termasuk arus lalu lintas di jalur-jalur vital di wilayah Kabupaten Tasikmalaya," ucapnya.

Sementara, Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Tasikmalaya, H. Asep Darisman mengatakan, sedikitnya bahkan nyaris tidak adanya kendaraan pemudik, karena ada larangan mudik lebaran.

Kendaraan yang melintasi jalur Tasikmalaya-Garut, justru lebih banyak dari arah Tasikmalaya menuju Garut. Hal itu terpantau dari plat nomor kendaraan yang didominasi leter Kabupaten dan Kota Tasikmalaya.*

 

Baca : Polres Tasikmalaya Musnahkan Ribuan Miras Kemasan Botol