H-2 PSBB Berakhir, Kasus Positif Covid-19 Di Kota Tasikmalaya Bertambah

Rabu, 27 Mei 2020 19:00 Dede Hadiyana Daerah

H-2 PSBB Berakhir, Kasus Positif Covid-19 Di Kota Tasikmalaya Bertambah


Koropak.co.id - Dua hari menjelang berakhirnya pemberlakuan kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Kota Tasikmalaya hingga Jumat (29/5/2020) mendatang, jumlah kasus pasien yang terkonfirmasi positif Covid-19 di Kota Tasikmalaya justru bertambah 3 orang dari sebelumnya sebanyak 47 orang, kini menjadi 50 orang.

Berdasarkan data terbaru dari Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 dan Dinas Kesehatan Kota Tasikmalaya per Rabu (27/5/2020), dari 50 kasus yang terkonfirmasi positif tersebut, 23 orang terkonfirmasi berdasarkan hasil PCR dan 27 orang berdasarkan Rapid Test (RDT).

Walikota Tasikmalaya, Drs H Budi Budiman mengatakan, dengan bertambahnya jumlah kasus Covid-19 di Kota Tasikmalaya, Pemerintah Kota Tasikmalaya meminta dengan sangat, agar masyarakat tetap mematuhi dan menerapkan protokol kesehatan.

"Walaupun kebijakan penerapan PSBB di Kota Tasikmalaya selesai pada Jumat (29/5/2020), namun protokol kesehatan harus tetap dilakukan oleh masyarakat. Kesadaran kolektif dari masyarakat sangatlah penting hingga nanti vaksin dari virus corona itu ditemukan," ujarnya.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Tasikmalaya, dr Uus Supangat membenarkan, adanya penambahan jumlah kasus positif Covid-19 pada H+3 lebaran.

Sebelumnya, ia memprediksi jika fase puncak pandemi Covid-19 di Kota Tasikmalaya akan terjadi sepekan sebelum Hari Raya Idul Fitri, dengan pertimbangan masih ada masyarakat yang mudik ke daerah-daerah termasuk ke Kota Tasikmalaya.

"Jumlah kasus positif bertambah sebanyak 3 orang. Kami berharap angka ini tidak bertambah lagi," katanya.

 

Koropak.co.id - H-2 PSBB Berakhir, Kasus Positif Covid-19 Di Kota Tasikmalaya Bertambah

 

Baca : Dandim 0612 /Tasikmalaya Pastikan Prajurit dan ASN Siap Hadapi New Normal

 

Sementara itu, untuk rincian kasus dari 50 orang terkonfirmasi positif Covid-19, 23 orang terkonfirmasi PCR dengan rincian 10 orang sembuh, 11 orang kasus aktif, dan 2 orang meninggal dunia. Sedangkan untuk sisanya 27 orang RDT positif. 20 orang kemudian dinyatakan negatif, 6 orang proses PCR atau swab, dan 1 orang meninggal dunia.

Untuk Orang Tanpa Gejala (OTG) saat ini berjumlah 563 orang dengan rincian 354 orang selesai pemantauan dan 209 orang dalam pemantauan. Kemudian untuk Orang Dalam Pemantauan (ODP) berjumlah 1.221 orang dengan rincian 999 orang selesai pemantauan dan 222 orang dalam pemantauan.

Selanjutnya untuk Pasien Dalam Pengawasan (PDP) di Kota Tasikmalaya saat ini berjumlah 37 orang dengan rincian 31 orang selesai pengawasan, 1 orang dalam pengawasan, dan 5 orang meninggal dunia.*

 

Baca : GP Ansor Soroti KBM di Kabupaten Tasikmalaya Pasca Pandemi Covid-19