Pasca Penundaan Akibat Covid-19, Pilkada Kabupaten Tasikmalaya Mulai Digeber

Kamis, 28 Mei 2020 00:53 D. Farhan Kamil Parlemen

Pasca Penundaan Akibat Covid-19, Pilkada Kabupaten Tasikmalaya Mulai Digeber


Koropak.co.id - Komisi I DPRD Kabupaten Tasikmalaya akan segera menggelar rapat koordinasi (rakor) dengan pihak esksekutif dan menghadirkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tasikmalaya, terkait pelaksanaan Pilkada yang tinggal beberapa bulan lagi.

Ketua Komisi I DPRD Kabupaten Tasikmalaya, H. Demi Hamzah Rahadian, SH., MH mengatakan, berdasarkan hasil rapat kerja atau rapat dengar pendapat Komisi II DPR RI dengan Mendagri, KPU RI, Bawaslu RI dan Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu RI, mereka telah menyetujui pelaksanan pemungutan suara serentak dilakukan pada tanggal 9 Desember 2020, sesuai Perpu nomor 2 tahun 2020.

Dalam rapat itu juga, Komisi II DPR RI menyetujui usulan perubahan Peraturan KPU RI tentang, program, jadwal dan tahapan penyelenggaraan pemiliu bupati dan wakil bupati tahun 2020.

 

Baca : Dandim 0612 /Tasikmalaya Pastikan Prajurit dan ASN Siap Hadapi New Normal

 

"Mudah-mudahan maksimal pekan depan sudah bisa kita gelar rakor. Kita ingin segera memastikan bagaimana tahapan Pilkada serentak yang akan dilaksanakan KPU Kabupaten Tasikmalaya disaat semua harus patuh dan menjalankan protokol kesehatan di tengah-tengah pandemi Covid-19," kata Demi, Rabu (27/5/2020).

Di samping soal tahapan dan teknis pelaksanaan pemungutan suara di tengah Covid-19, anggaran penyelenggaraan Pilkada serentak ini juga tentunya mutlak harus ada penyesuaian, sehingga rancangan usulan anggaran harus sudah segera disiapkan oleh KPU untuk kemudian menjadi bahan pertimbangan pemerintah daerah.

"Kita ingin urusan Pilkada serentak ini dipersiapkan secara matang sejak dini, pasca penundaan pelaksanaan tahapan Pilkada akibat Covid-19," ujarnya.*

 

Baca : GP Ansor Soroti KBM di Kabupaten Tasikmalaya Pasca Pandemi Covid-19