Mau Ke Jakarta? Tanpa SIKM Dan Keterangan Medis Akan Dipulangkan

Jum'at, 29 Mei 2020 09:33 D. Farhan Kamil Daerah

Mau Ke Jakarta? Tanpa SIKM Dan Keterangan Medis Akan Dipulangkan

 

Koropak.co.id - Empat kendaraan berplat B dan luar Tasikmalaya, terjaring operasi penyekatan Polres Tasikmalaya di Pos Pam Cikunir, Singaparna Kabupaten Tasikmalaya, Kamis (27/5/2020).

Keempat kendaraan asal Jawa Tengah yang mengangkut sejumlah pemudik yang hendak kembali ke Jakarta melalui jalur Singaparna-Garut itu, tidak mampu menunjukkan Surat Izin Keluar Masuk (SIKM) dari Pemprov DKI Jakarta dan surat keterangan medis hasil uji PCR dari Dinas Kesehatan daerah setempat.

"Petugas meminta para penumpang dari Jawa Tengah yang akan kembali ke Jakarta, menunjukkan SIKM dan keterangan medis hasil Swab namun tak satupun yang mampu menunjukannya. Terpaksa kita suruh mereka putar balik dan kembali ke daerah asal atau kampung halaman, mumpung masih di Tasikmalaya," kata Kabag Ops Polres Tasikmalaya, AKP Cucu Juhana.

 

Baca : Tahap Kedua Mulai 19 Mei Dengan Perluasan Penyekatan Jalan

 

Menurut dia, pada operasi penyekatan tersebut, petugas gabungan TNI dan tenaga medis ini menghentikan satu persatu kendaraan yang berplat B dan luar daerah Tasikmalaya.

"Kita deteksi sejak awal agar para pemudik yang akan kembali ke Jakarta, mempersiapkan seluruh persyaratan yang harus dibawa, sebelum mereka jauh hingga ke perbatasan ibu kota yang pada akhirnya mereka tetap harus kembali ke kampung halaman," ujarnya.*

 

Baca : Halau Pemudik Pemkab Tasikmalaya Bangun Posko Penyekatan Perbatasan

 


Berita Terkait