Mulai Besok, Pemerintah Kota Tasikmalaya Resmi Terapkan Tatanan AKB

Senin, 01 Juni 2020 22:55 Eris Kuswara Daerah

Mulai Besok, Pemerintah Kota Tasikmalaya Resmi Terapkan Tatanan AKB


Koropak.co.id - Selasa (2/6/2020) Pemerintah Kota Tasikmalaya mulai menerapkan tatanan Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) atau yang dikenal dengan istilah New Normal. Namun meskipun ada kenormalan, pemerintah tetap mengetatkan protokol kesehatan terhadap mobilitas dan aktivitas masyarakat Kota Tasikmalaya.

Bahkan, berdasarkan informasi yang dihimpun Koropak pada Senin (1/6/2020), dalam fase kenormalan baru ini, Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Tasikmalaya, tetap akan melakukan penyekatan di 5 titik batas Kota Tasikmalaya yakni di Indihiang, Karangresik, Urug Kawalu, Mangkubumi, dan Awipari.

Namun di sisi lain, sejumlah pos penyekatan di kawasan pusat kota yang diterapkan pada PSBB Kota Tasikmalaya tahap 1 dan 2, tidak diaktifkan.

Bagi masyarakat luar daerah yang hendak masuk ke wilayah Kota Tasikmalaya dalam penerapan New Normal ini, nantinya harus bisa menunjukkan surat keterangan sehat dan bukti hasil uji cepat rapid test (RDT).

Para petugas pun akan dikerahkan dan langsung memantau penerapan protokol kesehatan di berbagai kawasan yang menjadi pusat keramaian seperti pasar, kawasan pertokoan, dan mal.

Walikota Tasikmalaya, Drs H Budi Budiman mengatakan, pemberlakuan New Normal atau AKB di Kota Tasikmalaya itu bukan berarti seluruh aktivitas masyarakat akan kembali normal seperti biasanya tanpa memperhatikan protokol kesehatan.

Dalam pemberlakuan New Normal ini, masyarakat tetap wajib menerapkan protokol kesehatan. "Kami tidak ingin masyarakat yang masuk ke Kota Tasikmalaya itu tidak menjadi imported case dan terpapar virus corona," kata Walikota yang juga sebagai Ketua Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Tasikmalaya.

 

Koropak.co.id - Mulai Besok, Pemerintah Kota Tasikmalaya Resmi Terapkan Tatanan AKB


Baca : Pemkot Tasikmalaya Mulai Sosialisasikan Panduan Adaptasi Kebiasaan Baru


Sementara itu, berdasarkan data terbaru kasus Covid-19 hingga Senin (1/6/2020), tercatat kasus positif Covid-19 di Kota Tasikmalaya sebanyak 48 kasus, dengan rincian sebanyak 24 orang terkonfirmasi melalui hasil tes swab dan 24 orang lainnya melalui uji cepat atau rapid test.

Kemudian dari 48 orang yang dinyatakan positif tersebut, sebanyak 37 orang telah sembuh, 8 orang masih dalam perawatan dan 3 orang meninggal dunia. Diketahui, penambahan satu kasus positif terakhir, berasal dari warga Kota Tasikmalaya yang bekerja sebagai karyawan Toserba di Ciamis.*

 

Baca : Toserba Yogya Ciamis Tutup Sementara, 165 Karyawannya Dites Covid-19


Berita Terkait