D2M Semangat Melangkah Menuju Dinamis

Senin, 27 Februari 2017 17:47 Eris Kuswara Daerah

D2M Semangat Melangkah Menuju Dinamis

 

Koropak.co.id - Lahir pada 24 Februari 2004, Komunitas Kawula Muda Deputi Devosi Mania (D2M) berawal dari sebuah komunitas anak motor. Kemudian, (Alm.) MS Hendarmasyah hadir, dan menggerakkan para kawula muda D2M untuk lebih produktif dengan menyibukkan mereka dengan kegiatan yang positif. Terlebih di kala itu, isu geng motor tengah gencar-gencarnya berhembus.

Sang pendiri yang dikenal dengan nama Adang Hendar itu secara konsisten dan telaten membina para kawula muda D2M dengan berbagai aktivitas wirausaha produktif, seperti bertani dan berternak. Ibarat pepatah, apa yang ditanam maka itu yang akan dituai. Kebaikan yang ditanam para anggota D2M, semakin waktu semakin menghasilkan yang dirasakan langsung oleh masing-masing anggota D2M.

Pembinaan melalui aktivitas bertani dan berternak tersebut mendorong perubahan bagi para anggota komunitas D2M menjadi kawula muda produktif. Kemudian, para kawula muda D2M tersebut membagikan wawasan akan wirausaha yang didapatnya kepada masyarakat dengan memberikan pelatihan dan pemberdayaan masyarakat untuk bertani tanaman palawija, serta buah-buahan. Juga berternak unggas dan ikan.

Tidak hanya itu, sebagai wujud abdi dan bakti kepada masyarakat, D2M juga aktif dalam aksi-aksi sosial, termasuk gotong royong membangun jalan setapak betonisasi, rehabilitasi masjid, dan lainnya. Merambah juga pada aktivitas olahraga dan hiburan dengan seringnya menggelar lomba-lomba seperti bola voli, serta gerak jalan.

Dari pengabdian itulah, dari waktu ke waktu D2M semakin mendapatkan tempat di hati masyarakat. Hal itu sejalan dengan orientasi aktivitas D2M yang lebih mengutamakan manfaat yang bisa dirasakan oleh masyarakat luas dibandingkan kepentingan komunitasnya. Maka tak heran, bila dalam momentum hari jadinya yang ke-13 tahun yang jatuh pada Jumat (24/2/2017), D2M telah merencanakan untuk merayakannya dengan menggelar aksi sosial berupa penyerahan santunan bagi panti jompo dan anak yatim, Minggu (26/2/2017) besok.

Ketua D2M, Alamsyah menuturkan santunan tersebut merupakan wujud rasa syukur atas eksistensi D2M yang bermarkas di Jalan Situ Gede Kampung Babakan Bandung Kelurahan Linggajaya, Kecamatan Mangkubumi Kota Tasikmalaya di usianya yang ke-13 tahun. Menurutnya, kekompakan, kebersamaan, serta memprioritaskan kepentingan bersama menjadi kunci eksistensi D2M hingga saat ini.

"Kami berharap D2M ke depan semakin maju dan berjaya. Berguna bagi pengurus, anggota, dan masyarakat. Serta senantiasa semangat melangkah menuju dinamis," ujar Alamsyah.*


Berita Terkait