Calon Jemaah Haji Batal Berangkat Bisa Tarik Uang Pelunasan

Rabu, 03 Juni 2020 22:55 D. Farhan Kamil Daerah

Calon Jemaah Haji Batal Berangkat Bisa Tarik Uang Pelunasan

 

Koropak.co.id - Sebanyak 1.490 calon jamaah haji asal Kabupaten Tasikmalaya, batal melaksanakan rukun Islam kelima pada tahun ini. Padahal mereka yang telah melunasi biaya penyelenggaraan haji sebesar Rp. 35,2 juta ini, telah lama menunggu giliran pemberangkatan. Rata-rata ribuan calon haji ini masuk dalam daftar tunggu (waiting list) sejak 5 tahun lalu.

Ditundanya pemberangkatan ibadah haji tahun ini, seiring dengan keputusan Pemerintah Republik Indonesia melalui Kementerian Agama (Kemenag) RI, dengan pertimbangan keselamatan dan kesehatan serta kenyamanan para tamu Allah SWT dalam melaksanakan prosesi ritual ibadah haji dan umroh di Saudi Arabia.

Pihak Kemenag RI memutuskan pemberangkatan ibadah haji asal Indonesia ditunda hingga tahun 2021 akibat dampak wabah Covid-19.

Kasubag Tata Usaha Kemenag Kabupaten Tasikmalaya H. Suryana mengatakan berdasarkan hasil meeting zoom video conference pembahasan tentang haji antara Menteri Agama, Fachrul Razi dengan Kemenag di daerah, pemberangkatan ibadah haji Indonesia termasuk Kabupaten Tasikmalaya ditunda hingga tahun 2021.

 

Baca : Visa Wisata dan Umrah Ditangguhkan Arab Saudi Karena Corona


Hal itu terjadi karena aspek keselamatan dan kesehatan serta kenyamanan beribadah haji tidak mungkin terpenuhi di tengah aturan pandemi Covid-19 seperti social distancing dan physical distancing, masih diberlakukan di Saudi Arabia. Dengan kata lain, syarat istitoah nya tidak terpenuhi atau sulit dilakukan.

"Sangat tidak mungkin dalam pelaksanaan wukuf di arafah, thawaf, sai, jamarat dilakukan sendiri-sendiri dengan alasan menerapkan physical distancing. Sedangkan waktu (zaman) dan tempat (almakan) kondisinya terbatas," tutur Suryana, Selasa (2/6/2020).

Ditambahkan, bagi para calon jamaah haji yang batal berangkat tahun ini, ada kesempatan untuk menarik kembali biaya pelunasan ibadah haji.

"Untuk setoran porsi haji kan Rp 25 juta. Sedangkan biaya penyelenggaraan haji tahun 2020 sebesar Rp 35,2 sudah dibayar jamaah. Artinya, para calon jemaah haji ini bisa menarik biaya pelunasan sebesar Rp 10 jutaan. Itupun jika diperlukan," ujarnya.*

 

Baca : Kemenag Kabupaten Tasikmalaya Peduli Dampak Peduli Covid-19