TKSK Cipedes Kota Tasikmalaya Salurkan Bantuan Sembako Pangan Ke 1.308 KPM

Rabu, 03 Juni 2020 23:46 Didit Fauzi Daerah

TKSK Cipedes Kota Tasikmalaya Salurkan Bantuan Sembako Pangan Ke 1.308 KPM

 

Koropak.co.id - Ketua Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) Kecamatan Cipedes Kota Tasikmalaya, Lilis SZ mengatakan, dari sebanyak 1.643 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) bantuan sosial Kementerian Sosial (Kemensos) RI di Kecamatan Cipedes, antara lain sebanyak 498 KPM di Kelurahan Sukamanah, 302 KPM di Kelurahan Cipedes, 409 KPM di Kelurahan Panglayungan dan 434 KPM di Kelurahan Nagarasari, baru 1.308 KPM yang telah menerima kartu bank. Sedangkan sisanya, yakni sebanyak 335 KPM belum mengambil kartu dari bank yang ditunjuk pemerintah yakni BNI.

Lilis menjamin, bagi yang telah terdata dalam program bansos Kemensos, dipastikan bantuannya tidak akan hilang. "Yang sudah terdata, saya jamin bantuannya tidak akan hilang, dan yang mendapatkan bantuan double atau ganda, bulan depan akan otomatis tercoret," ucapnya, Rabu, (03/06/2020).

Bantuan tersebut terang dia, merupakan upaya pemerintah dalam hal jaring pengaman sosial penanggulangan dampak wabah Covid-19.

Lebih lanjut Lilis menyebutkan, bantuan disalurkan bukan dalam bentuk uang tunai, melainkan sembako yang terdiri dari beras 12 kg kualitas premium, telor 1 kg, daging ayam 0,5 kg, kentang 0,5 kg, buah-buahan 0,5 kg, tahu satu bungkus berisi 5 buah, dan kacang hijau 250 gram.

"Penyaluran kali ini sebanyak dua paket, yakni untuk bulan April dan Mei. Satu paket bernilai Rp. 200 ribu yang disalurkan melalui kube WRSE, bekerjasama dengan TKSK Cipedes," katanya.

 

 

Koropak.co.id - TKSK Cipedes Kota Tasikmalaya Salurkan Bantuan Sembako Ke 1.308 KPM (2)

 

Baca : Puluhan Ribu Penerima Bantuan Sembako Pangan di Kabupaten Tasikmalaya Kecewa

 

Adapun dalam pendistribusiannya terang dia, dibantu oleh PSM, Katar, LPM terutama para RW dan RT. Untuk monitoring dilakukan oleh Kapospol, Babinsa, Bhabinkabtibmas, juga para lurah.

Ketua RW. 06 sekaligus Ketua Forum RW se-Kelurahan Panglayungan, Datjhu Wahidin, sangat mengapresiasi jalinan kerjasama yang dibangun pemerintah, relawan serta organisasi yang ada di tiap kelurahan. Sehingga penyaluran bantuan tersebut sangat efektif dan efisien.

"Khususnya di Kelurahan Panglayungan, kami melihat kerjasama yang baik antar semuanya, sehingga bisa lancar, begitupun kualitas bantuan tidak ada masalah sebab kondisinya sangat bagus," ujarnya.*

 

Lihat : DPRD: Penyaluran Bansos Covid-19 di Kota Tasikmalaya Harus Melibatkan RT/ RW