DPRD Dorong Pemerintah Daerah Menambah Anggaran Dinsos

Rabu, 03 Juni 2020 19:32 Eris Kuswara Parlemen

DPRD Dorong Pemerintah Daerah Menambah Anggaran Dinsos

 

Koropak.co.id - Wakil Ketua Pansus LKPJ Walikota DPRD Kota Tasikmalaya, Andi Warsandi SE mengatakan, berdasarkan hasil identifikasi yang dilakukan di Dinas Sosial (Dinsos) Kota Tasikmalaya, ketersediaan anggaran saat ini jauh dari kata ideal. Sementara Dinsos ini memiliki tugas yang tidak sederhana apalagi berkaitan dengan Penanganan Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS).

Meskipun dalam kondisi anggaran terbatas, namun Pansus mengapresiasi kinerja Dinsos yang telah mampu memaksimalkan anggaran yang ada.

Akan tetapi untuk ke depannya, DPRD Kota Tasikmalaya, dalam hal ini Komisi IV agar bisa melakukan dorongan-dorongan politis sehingga ketersediaan anggaran untuk Dinsos ini bisa lebih memadai.

"Sesuai skala prioritas yang sudah ditetapkan secara strategis oleh Dinas Sosial dan juga Perda mengenai penanganan PMKS, ada hal-hal yang perlu diakselerasikan dan ini tidak lepas dari kebutuhan anggaran," kata Andi seusai Rapat Pembahasan LKPJ Walikota bersama Dinas Sosial Kota Tasikmalaya di Ruang Rapat Paripurna DPRD Kota Tasikmalaya, Rabu (3/6/2020).

 

 Koropak.co.id - DPRD Dorong Pemerintah Daerah Menambah Anggaran Dinsos (2)

 

 

Baca : Permasalahan Sosial Tidak Bisa Diselesaikan Dalam 1 Tahun Anggaran

 

Menurutnya, PMKS di Kota Tasikmalaya harus menjadi perhatian bersama, dan semua tentu harus sepakat bahwa Kota Tasikmalaya ini tidak menjadi destinasi yang nyaman bagi para gelandangan, anak jalanan, gepeng dan lainnya.

"Dari waktu ke waktu secara akumulasi PMKS ini malah bertambah banyak. Sehingga menimbulkan spekulasi apakah anggaran di Dinas Sosial itu kurang atau memang penindakannya yang lemah terhadap Perda yang sudah ada mengenai PMKS. Inilah yang perlu kita dalami lebih serius lagi. Tetapi dari sisi anggaran, tentu saja belum bisa diharapkan, semoga kedepannya untuk anggaran bisa ditambah lagi sesuai urgensi kebutuhan," ujarnya.

Dengan adanya dukungan anggaran terang dia, diharapkan bisa menjadi percepatan penyelesaian masalah dan menjadi salah satu alat untuk bisa mereduksi persoalan-persoalan sosial yang ada, seperti pembangunan panti asuhan, panti jompo, rumah singgah dan lainnya. Oleh karena itu, sudah seharusnya pemerintah daerah untuk bisa mengupayakan anggaran tersebut.*

 

Baca : Pansus Dorong Pemerintah Untuk Proyeksikan Anggaran Penanganan Masalah Sosial

 

 


Berita Terkait