Pemerintah Bisa Manfaatkan Fasilitas Yang Ada Untuk Memajukan Pariwisata

Jum'at, 05 Juni 2020 21:42 Eris Kuswara Parlemen

Pemerintah Bisa Manfaatkan Fasilitas Yang Ada Untuk Memajukan Pariwisata

 

Koropak.co.id - Untuk memajukan sektor pariwisata di Kota Tasikmalaya, Pemerintah Daerah Kota Tasikmalaya tidak harus membangun destinasi wisata baru dengan menghabiskan anggaran dan energi serta waktu yang tidak sedikit.

Ada sejumlah cara yang dapat dioptimalkan dengan hasil maksimal baik kolaborasi dengan pemilik lahan wisata perorangan maupun memaksimalkan potensi wisata yang sudah ada.

Di Kota Tasikmalaya ini, terdapat beberapa lahan wisata yang dimiliki perorangan, seperti Pasir Pataya di Ciakar Kecamatan Cibeureum. Sementara hingga saat ini, Pemerintah Kota Tasikmalaya belum memiliki kecukupan anggaran untuk menguasai lahan tersebut dan dijadikan tempat pengembangan wisata alam.

Demikian hal itu dikatakan Wakil Ketua Panitia Khusus (Pansus) Laporan Pertanggungjawaban (LKPJ) Walikota DPRD Kota Tasikmalaya, Andi Warsandi SE saat mengikuti rapat pembahasan LKPJ Walikota bersama Disporabudpar Kota Tasikmalaya, di ruang rapat paripurna DPRD Kota Tasikmalaya, Kamis (4/6/2020).

"Maka untuk Pasir Pataya, dengan cara kolaboratif lah yang paling memungkinkan dilakukan pemerintah saat ini. Dimana pemerintah bisa mendapat ruang leluasa untuk mengembangkan kawasan wisata tersebut tanpa harus memiliki lahannya," kata dia.

Kemudian kegiatan kuliner di waktu malam yang selama ini terjadi di beberapa titik di kawasan pusat kota seperti Cihideung, pemerintah hanya butuh beberapa sentuhan dan polesan untuk menata dan mengelolanya menjadi destinasi wisata yang ramah, murah meriah dan menjadi etalase Kota Tasikmalaya.

"Jika dikelola secara apik dan serius, Kota Tasikmalaya niscaya akan memberi kesan yang nyaman buat pendatang yang sengaja untuk menikmati kuliner malam," ucapnya.

 

Koropak.co.id - Pemerintah Bisa Manfaatkan Fasilitas Yang Ada Untuk Memajukan Pariwisata (2)

 

Baca : Menuju Kota Perdagangan, Pemkot Tasik Harus Serius Garap Sektor Wisata

 

Sementara itu, Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga, Kebudayaan dan Pariwisata (Disporabudpar) Kota Tasikmalaya, Hadian menuturkan, Disporabudpar Kota Tasikmalaya memiliki program Kampung Wisata seperti Kampung Salapan, Pasir Pataya dan Kampung Payung Geulis. Diketahui juga, program tersebut merupakan terobosan untuk memajukan sektor pariwisata di Kota Tasikmalaya.

"Hanya saja dengan kondisi pandemi Covid-19 ini, pelaksanaan program itu menjadi terganjal. Namun semoga saja dalam 2 bulan ke depan, persoalan Covid-19 ini sudah betul-betul tuntas, sehingga kami bisa melanjutkan kembali program pembangunan serta pengembangan kepariwisataan di Kota Tasikmalaya," tuturnya.*

 

Baca : DPRD Dorong Pemerintah Daerah Menambah Anggaran Dinsos