Telur Infertil, Telur Gagal Tetas Dijual Murah Namun Berbahaya Bila Dimakan

Rabu, 10 Juni 2020 10:42 Dede Hadiyana Daerah

Telur Infertil, Telur Gagal Tetas Dijual Murah Namun Berbahaya Bila Dimakan


Koropak.co.id - Pada dasarnya, telur infertil hanya untuk penetasan dimana telur ini diproduksi untuk ditetaskan menjadi anak ayam. Dalam prosesnya, sebelum masuk ke tempat penetasan, telur-telur tersebut harus steril dengan perlakuan khusus melalui pemberian zat kimia.

"Hal itu yang menjadikan telur ini berbahaya jika telur dikonsumsi oleh manusia," ucap salah seorang staf Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian, dan Perikanan Kota Tasikmalaya, Yudha Ardiansyah saat sidak di Pasar Cikurubuk, Selasa (9/6/2020).

Jika dilihat dari rupa atau fisiknya, kata Yudha, telur infertil memiliki warna cangkang yang cenderung lebih putih dibandingkan telur-telur ayam pada umumnya yang memiliki warna kemerah-merahan. Jika diteropong, di dalam telur infertil akan terlihat adanya bakal embrio. Kemudian, saat telur dipecahkan juga pada kuning telur dipastikan terdapat bakal embrio yang nantinya akan menjadi anak ayam.

"Saat dipecahkan, kuning telur pada telur infertil ini mudah larut dengan putih telurnya," kata Yudha.

 

Koropak.co.id - Telur Infertil, Telur Gagal Tetas Dijual Murah Namun Berbahaya Bila Dimakan

 

 

Baca : Telur Infertil Beredar Di Kota Tasikmalaya, Tim Satgas Pangan Lakukan Sidak


Sementara itu, Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian, dan Perikanan Kota Tasikmalaya Drs. H. Tedi Setiadi, M.Pd menuturkan, telur tersebut berpotensi merugikan konsumen termasuk penjual telur itu sendiri. Karena telur ini tidak diperjualbelikan kepada masyarakat apalagi untuk dikonsumsi karena berbahaya.

Menurut dia, kemungkinan di dalam telur itu terdapat bakteri, salmonela, bahkan virus pun bisa saja masuk karena pertumbuhan yang tidak sempurna dan mengakibatakan embrio mati serta membusuk.

"Kami mengajak kepada masyarakat, agar bijak dalam membeli telur," ucapnya.*

 

Baca : Depo Pasar Ikan Kota Tasikmalaya Bisa Jadi Ikon di Priangan Timur

 


Berita Terkait