Air Sungai Meluap, Puluhan Rumah di Tiga Desa Tergenang Banjir

Rabu, 10 Juni 2020 17:22 D. Farhan Kamil Desa

Air Sungai Meluap, Puluhan Rumah di Tiga Desa Tergenang Banjir

 

Koropak.co.id - Setelah diguyur hujan dengan intensitas tinggi, air sungai Cikidang dan Citanduy Kecamatan Sukaresik Kabupaten Tasikmalaya meluap, mengakibatkan puluhan rumah warga di tiga desa terendam banjir, Rabu (10/6/2020).

Ketiga desa tersebut yakni, Tanjungsari, Sukaratu dan Banjarsari. Banjir setinggi betis orang dewasa mengakibatkan alat transportasi masyarakat seperti motor sulit melintas.

"Hujan turun sangat deras sejak Selasa (8/6/2020) mengakibatkan aliran air sungai meluap ke permukiman warga. Setidaknya ada 60 rumah terendam berdasarkan laporan dari BPBD, termasuk areal persawahan sekitar 20 hektare milik warga di Desa Tanjungsari," kata Kepala Desa Tanjungsari, Amas, Rabu (10/6/2020).

Menurut dia, jika hujan turun lama maka sudah tidak aneh kalau aliran air sungai meluap.

"Ketinggian banjir bervariasi hingga sekitar 30 centi meter atau setinggi betis orang dewasa. Banjir ini pun merendam lahan pertanian warga yang rata-rata baru ditanam padi sejak satu minggu lalu. Sehingga para petani di tiga desa terancam mengalami kerugian," ujarnya.

 

 

Koropak.co.id - Air Sungai Meluap, Puluhan Rumah di Tiga Desa Tergenang Banjir

 

 Baca : Sukaresik Tasikmalaya Diterjang Banjir Bandang Rendam Persawahan

Untuk mengantisipasi terjadinya banjir rutin ini, pihaknya telah berupaya meminta peninggian tanggul sungai Cikidang dan Citanduy ke Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) provinsi. Tetapi hingga kini belum ada realisasi.

Menurut dia, warga yang rumahnya terendam banjir, lebih memilih tetap bertahan di rumah.

"Sebetulnya warga sudah merasa bosan dan lelah dengan banjir yang terus terjadi saat musim hujan, maka harus ada perhatian khusus dari pihak terkait," ucapnya.*

 

Baca : Puluhan Warga Desa Sukarame Kabupaten Tasikmalaya Terinfeksi Chikungunya


Berita Terkait