Meski New Normal, Tugas Lawan Covid-19 di Kota Tasikmalaya Belum Berakhir

Kamis, 11 Juni 2020 12:10 Dede Hadiyana Daerah

Meski New Normal, Tugas Lawan Covid-19 di Kota Tasikmalaya Belum Berakhir

 

Koropak.co.id - Sebanyak 100 orang warga di sekitaran Pasar Pancasila Kota Tasikmalaya antusias mengikuti rapid test (RDT) massal yang digelar Dinas Kesehatan Kota Tasikmalaya, di Pasar Pancasila Kecamatan Tawang Kota Tasikmalaya, Rabu (10/6/2020).

RDT yang digelar untuk umum dan gratis tersebut, ditujukan kepada masyarakat sekitar pasar terlebih para pedagang yang sering berinteraksi dengan banyak orang.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Tasikmalaya Dr. Uus Supangat mengatakan, tidak hanya RDT yang akan dilakukan, tetapi juga pemeriksaan Swab.

"RDT dan Swab ini harus berjalan beriringan untuk meyakinkan dan lebih percaya diri bahwa kita betul-betul sudah bisa mengendalikan penyebaran Covid-19 di Kota Tasikmalaya," ujarnya.

 

Lihat : Baca : RSUD dr Soekardjo Kota Tasikmalaya Zero Pasien Covid-19


Yang terpenting kata dia, adalah pendokumentasian pada identitas masyarakat yang mengikuti RDT dengan jumlah sampel yang diperiksa sebanyak 100 orang.

"Untuk hasil pemeriksaan, nanti akan kita umumkan. Apakah rekatif atau non reaktif. Ini dilakukan penuh kehati-hatian karena menyangkut kesehatan seseorang," katanya.

Selain di Pasar Pancasila, RDT ini akan bergeser ke lokasi lainnya, khususnya di tempat-tempat keramaian termasuk nanti akan ada pemeriksaan swab atau PCR.*

 

Lihat : Wacana Pembentukan Pansus Covid-19 Bergulir di DPRD Kota Tasikmalaya