DPRD Kabupaten Tasikmalaya Tinjau Lokasi Banjir Sukaresik

Jum'at, 12 Juni 2020 21:36 D. Farhan Kamil Parlemen

DPRD Kabupaten Tasikmalaya Tinjau Lokasi Banjir Sukaresik

 

Koropak.co.id - Pasca bencana banjir yang melanda masyarakat di hampir tiga desa di Kecamatan Sukaresik Kabupaten Tasikmalaya, Pimpinan DPRD Kabupaten Tasikmalaya meninjau lokasi masyarakat yang terdampak banjir di Desa Tanjungsari, Jumat (12/6/2020).

Dalam peninjauan yang langsung dipimpin oleh ketua DPRD Kabupaten Tasikmalaya Asep Sopari Al Ayubi itu, selain memberikan bantuan makanan cepat saji, mereka juga memberikan himbauan kepada pemerintah setempat terkait langkah-langkah antisipasi dan penanganan bencana ke depan.

"Hari ini kami bisa langsung meninjau kondisi masyarakat yang terdampak banjir beberapa hari lalu dan bisa memberikan bantuan kepada masyarakat berupa makanan cepat saji. Di samping itu juga kami memberikan arahan kepada BPBD, camat, desa dan puskesmas setempat, terkait langkah antisipatif dampak banjir yang menyebabkan aktifitas masyarakat terganggu namun kebutuhan pokok masyarakat harus tetap terpenuhi," tutur Asep.

Menurut dia, dalam jangka panjang harus ada normalisasi sungai Citanduy dan Cikidang. Karena saat ini sudah mengalami pendangkalan dan penyempitan, sehingga ketika terjadi peningkatan debit air akibat hujan, maka sungai tidak mampu menampung dan akibatnya meluap ke permukiman warga.

 

Koropak.co.id - DPRD Kabupaten Tasikmalaya Tinjau Lokasi Banjir Sukaresik  (2)


Baca : Air Sungai Meluap Puluhan Rumah di Tiga Desa Tergenang Banjir

 

Kepala Desa Tanjungsari, Amas mengaku, warga sangat terbantu dengan adanya bantuan makanan siap saji yang diberikan oleh DPRD. "Bantuan ini sangat membantu masyarakat yang saat ini terdampak banjir, apalagi di tengah wabah Covid-19 ini," kata Amas.

Terkait soal normalisasi sungai Cikidang dan Citanduy, menurutnya, pemerintah desa melalui kecamatan sudah berupaya menyampaikan usulan ke Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) provinsi Jawa Barat (Jabar), namun, hingga sekarang belum ada realisasi.

"Kami sangat berharap ada normalisasi sungai yang sudah mengalami pendangkalan. Ketika hujan turun dengan intenstas tinggi, maka sudah dipastikan air meluap. Kami berharap pemerintah daerah ikut mendorong BBWS turun ke lokasi," ucapnya.*

 

Baca : Sukaresik Tasikmalaya Diterjang Banjir Bandang Rendam Persawahan