Bawaslu Tampung Data Dan Informasi Untuk Indeks Kerawanan Pemilu

Sabtu, 13 Juni 2020 11:40 D. Farhan Kamil Pilkada

Bawaslu Tampung Data Dan Informasi Untuk Indeks Kerawanan Pemilu

 

Koropak.co.id - Jelang dimulainya kembali tahapan Pilkada serentak tahun 2020 Kabupaten Tasikmalaya pada tanggal 15 Juni 2020, Bawaslu Kabupaten Tasikmalaya menggelar rapat koordinasi (rakor) dengan unsur Polri, penyelenggara pemilu dan media, Jumat (12/6/2020).

Dengan menghadirkan intelkam bidang politik Polres Tasikmalaya dan Polres Tasikmalaya Kota, KPU Kabupaten Tasikmalaya dan sejumlah jurnalis, Bawaslu menampung informasi sebagai bahan untuk memetakan Indeks Kerawanan Pemilu (IKP) di Pilkada serentak Kabupaten Tasikmalaya, di tengah-tengah pemberlakuan PSBB transisi menuju tata kenormalan baru.

"Melalui rakor ini kita berusaha mengumpulkan data terkait kerawanan-kerawanan apa saja yang mungkin terjadi dalam pelaksanaan Pilkada serentak nanti. Sejauh ini, politik uang dan netralitas ASN menjadi sorotan paling utama kaitannya dengan kehadiran petaha dengan relasi kuasa menggunakan sumberdaya dalam frame birokrasi," kata Ketua Bawaslu Kabupaten Tasikmalaya, Dodi Juanda, SP.

 

Baca : Di Tengah Pandemi Covid-19 KPU Tetap Lakukan Tahapan Pilkada

 

Menurutnya, netralitas ASN dan politik uang menjadi sorotan primadona dalam IKP di setiap hajat demokrasi rakyat baik dalam Pilpres, Pileg, Pilgub maupun Pilkada. Di samping itu, kampanye hitam atau black campaign, berita hoax dan ujaran kebencian menjadi pointer penting di setiap penyusunan IKP.

"Setelah data-data terkumpul dan penyusunan IKP selesai, kita segera laporkan ke Bawaslu RI melalui Bawaslu Provinsi Jawa Barat. Hasilnya nanti akan keluar dari Bawaslu RI sebagai pijakan Bawaslu Kabupaten Tasikmalaya dalam menyiapkan langkah-langkah strategis pengawasan pemilu," ujarnya.*

 

Baca : Hore..! Tahapan Pilkada Dilanjutkan, KPU Minta Anggaran Ditambah