PD DMI Kabupaten Tasikmalaya Kenang Jasa Para Pendahulu DMI

Sabtu, 13 Juni 2020 20:00 D. Farhan Kamil Daerah

PD DMI Kabupaten Tasikmalaya Kenang Jasa Para Pendahulu DMI


Koropak.co.id - Ketua Pengurus Daerah Dewan Masjid Indonesia (PD DMI) Kabupaten Tasikmalaya, KH. Dede Saeful Anwar mengatakan, keberadaan DMI Kabupaten Tasikmalaya hari ini, tidak terlepas dari jasa dan perjuangan para pendahulu yang telah mencurahkan jiwa, raga, materi dan keilmuan agama yang tinggi untuk mewujudkan masjid-masjid di Kabupaten Tasikmalaya sesuai dengan fungsinya.

Fungsi masjid sebagai sentral peribadahan umat Islam, pengembangan masyarakat dan persatuan umat. "Dimulai pada hari Jumat (12/6/2020) sebagai penghulu hari (sayyidul ayyam), kami bersama jajaran pengurus DMI Kabupaten Tasikmalaya melaksanakan napak tilas sekaligus safari ziarah ke makam para pendahulu kami di DMI. Di samping ziarah kami juga merajut kembali silaturahim dengan keluarga almarhum yang juga keluarga besar pondok pesantren yang ada di Kabupaten Tasikmalaya," kata KH. Dede, Sabtu (13/6/2020).

Menurutnya, napak tilas diawali dengan menziarahi makan almarhum almagfurlah KH. Endin Saefudin sebagai sesepuh Pondok Pesantren Manarul Huda Kecamatan Sukarame. KH. Endin ini merupakan ketua periode ketiga kepemimpinan DMI di Kabupaten Tasikmalaya.

 

Koropak.co.id - PD DMI Kabupaten Tasikmalaya Kenang Jasa Para Pendahulu DMI

 

Baca : Perkuat RT Siaga, DMI Kabupaten Tasikmalaya Distribusikan Bantuan Alat Bebersihan


Ziarah kemudian dilanjutkan ke makam almarhum almagfurlah KH. Aaep Saefullah sesepuh Pondok Pesantren Cintawana Kecamatan Singaparna. Beliau merupakan ketua DMI periode kedua.

"Napak tilas diakhiri dengan berkunjung ke Pondok Pesantren Almansuriah di Nangerang Desa dan Kecamatan Salawu. Di sinilah almarhum almagfurlah KH. Atang Mansur berada. Beliau adalah pendahulu sekaligus perintis DMI Kabupaten Tasikmalaya. Melalui langkah beliau dengan segala keilmuan agamanya yang luhur, awal DMI hadir dan bangkit di Kabupaten Tasikmalaya," tuturnya.

Di pondok pesantren itu juga terang KH. Dede, pihaknya memberikan tali kasih kepada 10 orang mantan pengurus DMI periode pertama yang berjuang bersama KH. Atang Mansur mengawal perjuangan DMI untuk Kabupaten Tasikmalaya sejak tahun 2004 lalu," ungkapnya.*

 

Baca : DMI Perkuat RT Siaga Percepat Penanganan Wabah Virus Corona