Kota Layak Anak Jadi Acuan Dasar Pansus IV DPRD Provinsi Jawa Barat

Sabtu, 13 Juni 2020 23:41 Dede Hadiyana Parlemen

Kota Layak Anak Jadi Acuan Dasar Pansus IV DPRD Provinsi Jawa Barat

 

Koropak.co.id - Keseriusan Pansus IV DPRD Provinsi Jawa Barat untuk mengoptimalkan pembahasan Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang Penyelenggaraan Perlindungan Anak, terus digenjot. Pansus mengunjungi Kota Bekasi sebagai salah satu wilayah yang memiliki predikat Kota Layak Anak, Kamis (11/6/2020).

Hal itu menjadi acuan dasar untuk mendapatkan data dan informasi yang sangat penting seperti yang dibahas sebelumnya oleh Pansus IV, bahwa Raperda tersebut sejalan dengan Kota Bekasi yang sudah mendapat penghargaan sebagai Kota Layak Anak tingkat Kotamadya.

"Kami mengambil contoh dari beberapa penerapan yang dilaksanakan di Kota Bekasi di antaranya pemyediaan fasilitas Tempat Penitipan Anak (TPA) di lingkungan Pemerintahan Kota Bekasi. Dan dalam waktu berkala, disediakan pula pelayanan kesehatan dan bimbingan konseling terhadap anak-anak yang dititipkan," kata Ketua Pansus IV DPRD Provinsi Jawa Barat Hj. Sri Rahayu Agustina, SH, di Media Center Covid-19 Stadion Patriot, Kota Bekasi.

Disebutkan, di Kota Bekasi ini, pada setiap seminggu sekali ada kontrol dari dokter dan psikolognya yang mendampingi di TPA. "Ini merupakan langkah maju yang positif," ujarnya.

 

Koropak.co.id - Kota Layak Anak Jadi Acuan Dasar Pansus IV DPRD Provinsi Jawa Barat

 

Baca : Pansus IV DPRD Jabar Tinjau Panti Pemberdayaan Sosial Bina Remaja

 

Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) Kota Bekasi, Riswanti menuturkan, banyak program dan permasalahan yang penangannya diprioritaskan untuk perempuan dan anak.

"Kami sangat fokus terhadap permasalahan yang dihadapi perempuan dan anak, sehingga hal itu yang mengantarkan Kota Bekasi mendapatkan penghargaan Kota Layak Anak," katanya.

Salah satunya lanjut dia, diawali dari penyediaan fasilitas untuk anak-anak pegawai di lingkungan Pemerintah Kota Bekasi. Selain fasilitas itu untuk memberikan kenyamanan dan keamanan bagi anak, juga memberikan ketenangan bagi para pegawai dalam bekerja.*

 

Lihat : Program Penanganan Anak Punk di Tasikmalaya Siap Digulirkan

Lihat : Punk Punya Pendirian Sendiri, Anak Punk Bukan Untuk Diatur


Berita Terkait