Pemerintah Kota Tasikmalaya Pastikan Pondok Pesantren Bebas Covid-19

Senin, 15 Juni 2020 21:22 Dede Hadiyana Daerah

Pemerintah Kota Tasikmalaya Pastikan Pondok Pesantren Bebas Covid-19

 

 

Koropak.co.id - Saat ini, Kota Tasikmalaya berada di level biru dan selangkah lagi diharapkan dapat mencapai level hijau. Untuk itu, Pemerintah Kota Tasikmalaya terus gencar melakukan tes massal dengan metode Rapid Test (RDT) dan pemeriksaan swab/PCR.

Hal tersebut dikatakan Kepala Dinas Kesehatan Kota Tasikmalaya Dr. Uus Supangat seusai kegiatan RDT massal di Pondok Pesatren Riyadlul Ulum Wadda'wah, Kampung Condong Kelurahan Setianagara Kecamatan Cibeureum Kota Tasikmalaya, Senin (15/6/2020).

"Kita harus yakin bahwa penyebaran Covid-19 di Kota Tasikmalaya sudah bisa dikendalikan. Kita gencar melakukan pelacakan kasus atau tracing baik melalui RDT maupun tes swab seperti yang saat ini kita lakukan," ujarnya.

 

Koropak.co.id - Pemerintah Kota Tasikmalaya Pastikan Pondok Pesantren Bebas Covid-19 (2)

 

Baca : Tenaga Pengajar Pondok Pesantren Riyadlul Ulum Wadda'wah Ikuti Rapid Test

 

Menurutnya, RDT yang dilakukan di pondok pesantren tersebut, dalam rangka memastikan keamanan keluarga besar pesantren menjelang aktivitas kegiatan pembelajaran yang akan kembali dimulai.

"Setelah kegiatan di pesantren ini berjalan, tim gugus tugas akan terus melakukan koordinasi dan pendampingan. Kita meminta pihak pesantren untuk membuat satgas penanggulangan Covid-19 internal, agar mudah berkoordinasi jika ditemukan kasus. Jadi, sebelum para santri datang ke pondok pesantren, dipastikan tempat belajar para santri ini, bebas Covid-19," tuturnya.

Tidak hanya di pesantren ini, lanjut Uus, tim Gugus Tugas Covid-19 Kota Tasikmalaya melalui Dinas Kesehatan Kota Tasikmalaya, akan terus melakukan tracing di tempat yang memiliki risiko penyebaran Covid-19 di wilayah Kota Tasikmalaya.*


Baca pula : Pansus VII DPRD Provinsi Jawa Barat Sosialisasikan Perda Pesantren