Upaya Percepatan Respons Aspirasi Warga Sukaresik, DPRD Usulkan Bentuk Pokja

Senin, 15 Juni 2020 21:36 D. Farhan Kamil Desa

Upaya Percepatan Respons Aspirasi Warga Sukaresik, DPRD Usulkan Bentuk Pokja


Koropak.co.id - Menjawab aspirasi masyarakat tiga desa yakni Desa Tanjungsari, Sukaratu dan Banjarsari di Kecamatan Sukaresik Kabupaten Tasikmalaya, khususnya penduduk Desa Tanjungsari, DPRD Kabupaten Tasikmalaya mendorong dibentuknya kelompok kerja (Pokja) untuk mengawal upaya percepatan normalisasi sungai Cikidang-Citanduy di Kecamatan Sukaresik.

"Bencana banjir di Sukaresik ini adalah masalah klasik, karena saking rutinnya. Bahkan di tahun 2020 ini terjadi dua kali banjir yakni pada bulan April dan Juni ini. Maka sebagai bentuk langkah kongkrit pemerintah untuk menyudahi permasalahan klasik ini adalah, membentuk pokja dengan melibatkan BBWS sebagai pihak yang berwenang dalam manajerial persungaian," kata Ketua DPRD Kabupaten Tasikmalaya, Asep Sopari Al Ayubi, Senin (15/6/2020).

DPRD terang Asep, sangat serius untuk mendorong pihak BBWS (Balai Besar Wilayah Sungai) Citanduy, melakukan normalisasi kedua sungai tersebut. Karena hasil monitoring yang dilakukan oleh DPRD Kabupaten Tasikmalaya, penyempitan dan pendangkalan sungai itu sudah terjadi.

 

(Sukaresik Tasikmalaya Diterjang Banjir Bandang Rendam Persawahan)

 

Sementara sesuai pengakuan masyarakat setempat melalui pemerintah desanya, permohonan normalisasi itu sudan sering digelindingkan ke pihak BBWS namun tidak kunjung ada realisasi.

Asep menginginkan, agar di dalam Pokja yang nantinya diketuai oleh BBWS, Pemprov Jabar atau pemerintah pusat, melibatkan pihak eksekutif di Pemda Kabupaten Tasikmalaya melalui dinas terkait, DPRD, pihak akademisi, pemerintah kecamatan setempat, pemerintah desa dan tokoh masyarakat serta pegiat dan pemerhati lingkungan.

"Permasalahan banjir Sukaresik, harus segera dicarikan solusi yang tepat bagaimana agar tidak terjadi lagi luapan air sungai Cikidang-Citanduy. Apakah melalui pengerukan atau sodetan. Untuk itu DPRD akan segera menggelar diskusi bersama pihak BBWS dan eksekutif serta kelompok masyarakat pecinta lingkungan untuk menentukan teknisnya seperti apa dan bagaimana," tuturnya.

 

(Air Sungai Meluap Puluhan Rumah di Tiga Desa Tergenang Banjir)

 

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Tata Ruang, Perumahan dan Permukiman (DPU-TRPP) Kabupaten Tasikmalaya Drs H Yusef Yustisiawandana MM mengaku, sangat mendukung terbentuknya Pokja untuk percepatan normalisasi sungai Cikidang-Citanduy.

"Kewenangan sepenuhnya ada di BBWS Citanduy. Namun melalui pokja nanti, kita genjot upaya normalisasinya," kata Yusef.*

 

(DPRD Kabupaten Tasikmalaya Tinjau Lokasi Banjir Sukaresik)


Berita Terkait