Bimtek Penyelenggaraan Pilkada Tahun 2020 Ditengah Pandemi Covid-19

Rabu, 24 Juni 2020 21:36 Eris Kuswara Pilkada

Bimtek Penyelenggaraan Pilkada Tahun 2020 Ditengah Pandemi Covid-19

 

Koropak.co.id - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tasikmalaya menggelar kegiatan bimbingan teknis (Bintek) Sosialisasi Dan Pendidikan Pemilih Pada Pemilihan Bupati Dan Wakil Bupati Tasikmalaya tahun 2020, di Hotel Harmoni Kota Tasikmalaya, Rabu (24/6/2020).

Dengan mengusung tema "Pemilu Berdaulat, Pemilu Kuat", kegiatan tersebut turut menghadirkan narasumber Komisioner KPU Provinsi Jawa Barat, Dr H Idham Kholik, SE, M.Si dan Communication Coach And Trainer Founder Bisa Bicara Training And Coaching, Hirni Kifa Hazefa, S.Pd, M.I, Kom, CEO.

Ketua KPU Kabupaten Tasikmalaya, Zamzam Jamaludin mengatakan, KPU Kabupaten Tasikmalaya hari ini melaksanakan bintek dengan tujuan untuk memberikan bekal pengetahuan dan wawasan bagi para penyelenggara Pilkada di tingkat Kecamatan khususnya Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) yang ada di Kabupaten Tasikmalaya.

"Dengan bintek ini, diharapkan para penyelenggara bisa menyampaikan, menyosialisasikan dan melakukan pendidikan pemilih Pilkada di tengah pandemi Covid-19 kepada para pemilih maupun peserta. Di samping itu, kami juga berharap hasil dari kegiatan ini, masyarakat bisa mendapatkan pengetahuan dan wawasan terkait penyelenggaraan Pilkada tahun ini," kata Zamzam.

 

Koropak.co.id -  Bimtek Penyelenggaraan Pilkada Tahun 2020 Ditengah Pandemi Covid-19

 

Baca : Pilkada di tengah covid-19 Jumlah TPS Kabupaten Tasikmalaya Membengkak


Ditambahkan, penyelenggaraan pilkada tahun 2020 ini, sedikit berbeda dengan penyelenggaraan pilkada tahun-tahun sebelumnya di masa normal. Untuk pilkada tahun ini memiliki banyak tantangan, mulai dari bagaimana KPU bisa menciptakan Pilkada yang berkualitas dan pilkada yang sehat.

"Dalam penyelenggaraan Pilkada tahun ini, kami harus bisa menciptakan pilkada yang sehat untuk semua pihak, baik untuk penyelenggara, peserta hingga pemilih. Sehingga, dalam setiap kegiatan seluruh tahapan Pilkada, kami harus tetap memperhatikan dan melaksanakan protokol kesehatan," ujarnya.

Sementara itu kata Zamzam, terkait dengan teknis penyelenggaraan Pilkada serentak 2020 nanti, sampai saat ini KPU RI masih menyusun regulasi mengenai bagaimana penyelenggaraan pilkada di tengah pandemi Covid-19.

Regulasi tersebut nantinya akan dituangkan ke dalam Peraturan KPU (PKPU) yang saat ini masih dalam pembahasan KPU dengan DPR-RI. Akan tetapi, saat ini untuk penyelenggaraan tahapan-tahapan yang bersifat terbatas, sudah diatur dalam surat edaran KPU RI Nomor 20 tahun 2020 tentang penyelenggaraan Pilkada di tengah pandemi Covid-19.

"Pada intinya dalam setiap tahapan kegiatan Pilkada, kami wajib memperhatikan dan melaksanakan protokol kesehatan. Hal itu dilakukan sebagai upaya melindungi semua pihak baik itu penyelenggara, pemilih maupun peserta," ujarnya.*

 

Baca : Bawaslu Tampung Data dan Informasi Untuk IndeksK erawanan Pemilu


Berita Terkait