Kemenag Kabupaten Tasikmalaya Bagikan Sembako dan Anti Covid-19

Sabtu, 27 Juni 2020 10:33 D. Farhan Kamil Daerah

Kemenag Kabupaten Tasikmalaya Bagikan Sembako dan Anti Covid-19

 

Koropak.co.id - Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Tasikmalaya menggelar kegiatan sosial di depan kantor Kemenag, Jumat (26/6/2020). Kegiatan sosial tersebut berupa penyaluran Probiotik Siklus Sanitizer anti Covid-19 sebanyak 120 liter bibit atau setara 120.000 liter setelah dicampur air dari yayasan rumah Pancasila kepada 3.428 madrasah Diniyah di Kabupaten Tasikmalaya.

Kemudian pembagian paket sembako kepada para jompo di lingkungan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tasikmalaya yang terdampak pandemi Covid-19.

Hadir dalam acara tersebut pengurus Yayasan Rumah Pancasila, Ketua dan jajaran pengurus FKDT, Ketua Pokjawas, Pokjahulu dan Pokjaluh. Serta ketua KKMI, KKMTs, KKMA dan IGRA.

Kepala Kemenag Kabupaten Tasikmalaya Drs H Usep Saepudin Muhtar, MPd mengatakan, dua kegiatan dilaksanakan Kemenag sekaligus yakni sedekah bumi berupa Probiotik Siklus Sanitizer anti Covid-19 dan pembagian paket sembako kepada para jompo di lingkungan Kantor Kemenag.

 

Baca : Kemenag Kabupaten Tasikmalaya Peduli Dampak Peduli Covid-19

 

Selain membantu penanganan dan pencegahan meluasnya pandemi Covid-19, kegiatan sosial ini juga diharapkan dapat meringankan beban masyarakat yang terdampak Covid-19 yang terasa sangat berpengaruh terhadap kehidupan sosial dan ekonomi masyarakat Kabupaten Tasikmalaya.

"Kita turut merasakan betapa di tengah-tengah dampak mewabahnya virus corona ini, banyak orang yang berjuang melawan dan mempertahankan keberlangsungan hidup. Maka sudah sepatutnya kita bahu membahu saling membantu antar sesama atas nama kemanusiaan," kata Usep.

Disebutkan, kegiatan sosial ini bisa terselenggara karena ada anggaran hasil lelang masker di lingkungan Kemenag. "Dari lelang masker ini ada selisih lebih sekitar Rp 10 juta. Oleh ASN di humas kantor kami, memilih dibagikan kepada para jompo berupa sembako dan uang," ujarnya.

Usep menambahkan, pihaknya sangat bersyukur selama masa penanggulangan dampak pandemi Covid-19 ini, Kemenag Kabupaten Tasikmalaya sudah beberapa kali bisa berbagi kasih kepada para jompo yang sangat membutuhkan.

 

Baca : Kebijakan Gubernur Jawa Barat Dianggap Pilih Kasih

 

Terkait bantuan Probiotik Siklus Sanitizer anti Covid-19 dari Yayasan Rumah Pancasila, Kemenag melalui Forum Komunikasi Diniyah Takmiliah (FKDT) Kabupaten Tasikmalaya, akan segera menyalurkan ke 3.428 Madrasah Diniyah.

"Nanti kami salurkan melalui FKDT. Probiotik ini bisa dicampur air untuk diminum, terutama bagi mereka yang ODP dan PDP," ucapnya.

Relawan Yayasan Rumah Pancasila Deden Kurniawan mengatakan, probiotik siklus sanitizer berasal dari campuran mahluk hidup bakteri tanah.

"Yayasan rumah Pancasila di Jakarta Selatan, mendistribusikan probiotik hasil karya anak bangsa yang ditemukan profesor di Jakarta, untuk disalurkan melalui Kemenag, ke 3.428 madrasah diniah yang ada di Kabupaten Tasikmalaya," kata Deden.*

 

Lihat : Berpotensi Bangkitkan Komunis Indonesia, Ormas Islam Tolak RUU HIP