Disclaimer BPK Paling Dikhawatirkan, Akhirnya Dapat Opini WTP

Senin, 29 Juni 2020 22:42 D. Farhan Kamil Daerah

Disclaimer BPK Paling Dikhawatirkan, Akhirnya Dapat Opini WTP

 

Koropak.co.id - Sekretaris Daerah Kabupaten Tasikmalaya, Dr. H. Mohamad Zen menyebutkan, disclaimer Badan Pengawas Keuangan Republik Indonesia (BPK RI) atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) yang disajikan Pemkab Tasikmalaya tahun 2019, merupakan hal yang sangat dikhawatirkan terjadi di Pemerintahan Daerah, karena hasil akhirnya tidak lebih dari opini WDP (wajar Dengan Pengecualian).

Maka dengan mengerahkan segala upaya dan kemampuan yang ada, pemerintah berusaha memenuhi seluruh ketentuan perundang-undangan dalam melaksanakan serta penyajian laporan keuangan daerah seobjektif mungkin sesuai standar pemerintah bahkan jauh di atas standar.

"Disclaimer itu paling berat, namun pada akhirnya kami bersyukur bisa keluar dari kekhawatiran itu dengan kinerja pemerintah yang luar biasa. Alhasil BPK RI melalui Perwakilan BPK Jawa Barat mengeluarkan opini untuk LKPD Pemkab Tasikmalaya dan tentunya menjadi kebanggaan," kata Zen seusai mengikuti video conference LHP BPK di Aula Kantor Bappeda, Senin (29/6/2020).

 

Koropak.co.id - Disclaimer BPK Paling Dikhawatirkan, Akhirnya Dapat Opini WTP

 

 

Baca : WTP Tantangan Berat Dalam Meningkatkan Kinerja Pemerintah Ke Depan

 

Berbangga untuk kemudian disyukuri terang Zen, merupakan hal yang wajar, asal tidak menjadi euforia berlebih. Karena WTP itu disertai dengan catatan-catatan administrasi BPK yang wajib dituntaskan pemerintah mulai hari ini hingga 60 hari ke depan. Selebihnya adalah bagaimana WTP ini dapat dipertahankan untuk tahun-tahun ke depan.

"Dengan diraihnya WTP ini, tidak membuat pemerintah daerah jumawa atau euforia berlebih, akan tetapi semua kekurangan akan terus disempurnakan. Intinya kekurangan itu ini tidak boleh terulang. Kami berupaya agar tidak jatuh ke Lubang yang sama," ucapnya.*

 

Baca : WTP Bukan Segala-Galanya Karena Ada Rekomendasi BPK