Umat Muslim Se-Kabupaten Ciamis Gelar Aksi Damai Tolak RUU HIP

Jum'at, 03 Juli 2020 19:02 Dede Hadiyana Parlemen

Umat Muslim Se-Kabupaten Ciamis Gelar Aksi Damai Tolak RUU HIP

 

Koropak.co.id - Ribuan umat muslim bersama sejumlah Organisasi Masyarakat (Ormas) di Kabupaten Ciamis, melakukan aksi damai terkait penolakan Rancangan Undang-Undang Haluan Ideologi Pancasila (RUU-HIP) yang berlangsung di depan Gedung DPRD Kabupaten Ciamis, Jumat (3/7/2020).

Aksi damai yang bertajuk Ciamis Bergerak Tolak RUU HIP tersebut, menuntut agar RUU HIP di cabut dari Program Legislasi Nasional (Prolegnas) yang dianggap sudah melenceng, terlebih berkaitan dengan sila pertama Ketuhanan Yang Maha Esa yang diganti dengan Ketuhanan Yang berkebudayaan.

Menurut Ketua Pondok Pesantren Miftahul Huda II Jatinagara Ciamis, Nonop menganggap bahwa RUU HIP sudah jelas bertolak belakang dengan Islam.

"Banyak hal yang krusial pada RUU HIP ini, seperti salah satunya sila pertama yang diganti. Pemerintah dan DPR harus jeli jika dibiarkan akan semakin besar, makanya RUU HIP ini harus dicabut dari Prolegnas," kata Nonop.

 

Koropak.co.id - Umat Muslim Se-Kabupaten Ciamis Gelar Aksi Damai Tolak RUU HIP

 

Baca : Ormas Islam Turun Ke Jalan di Kota Tasikmalaya, Serukan Cabut RUU HIP


Menurut Nonop, pihaknya akan terus menuntut DPR RI untuk membatalkan RUU HIP serta meminta penegak hukum menindak inisiator RUU HIP, untuk diadili secara terbuka.

"Kami juga meminta kepada DPRD Ciamis agar menyampaikan secara cepat tuntutan sikap penolakan ini kepada Presiden dan DPR dengan surat resmi," ucapnya.*

 

Baca : Ribuan Massa Minta Aparat Tangkap Konseptor dan Inisiator RUU HIP

 


Berita Terkait