Pertina Khawatirkan Atlet Tinju Kabupaten Tasikmalaya Ditarik Daerah Lain

Sabtu, 04 Juli 2020 12:44 D. Farhan Kamil Daerah

Pertina Khawatirkan Atlet Tinju Kabupaten Tasikmalaya Ditarik Daerah Lain

 

Koropak.co.id - Bercermin dari kasus yang dialami cabang olahraga (cabor) renang di Kabupaten Tasikmalaya, beberapa tahun silam cabor ini menjadi penyumbang medali emas terbanyak baik di even daerah Jawa Barat maupun nasional.

Namun seiring perjalanan waktu, cabor ini pun meredup akibat para atlet berprestasi memilih hijrah ke daerah lain dengan dalih keterjaminan kesejahteraan yang lebih menjanjikan dari pemerintah setempat.

"Kita tidak berharap kasus seperti ini dialami cabor tinju. Maka tentu saja harus ada jaminan dari pemerintah atau KONI bagaimana para atlet tinju berpretasi saat ini mendapat perhatian serius dari sisi kesejahteraannya alias "dicangcang". Jika atletnya pengangguran ya minimal diangkat jadi petugas security. Yang masih sekolah ya berikan beasiswa. Penghargaannya harus jelas dong," kata Ketua Pertina Kabupaten Tasikmalaya, H. Demi Hamzah Rahadian, SH, MH, Jumat (3/7/2020).

Demi menyebutkan, bagi Pemerintah Daerah memiliki banyak peluang yang bisa diberikan kepada para atlet berprestasi dan berkontribusi medali bagi Kabupaten Tasikmalaya, sebagai bentuk penghargaan. Pertanyaannya adalah apakah ada will untuk menghargai insan-insan berprestasi di Kabupaten Tasikmalaya atau tidak?

"Banyak CSR saat ini belum maksimal digunakan pemerintah untuk memajukan olahraga prestasi di Kabupaten Tasikmalaya. Begitupula KONI saat ini nampak lesu meski diisi oleh pensiunan atlet namun miskin jiwa olahraga, sehingga tidak greget untuk melambungkan nama Kabupaten Tasikmalaya melalui olahraga prestasi," ucapnya.

 

Koropak.co.id - Pertina Khawatirkan Atlet Tinju Kabupaten Tasikmalaya Ditarik Daerah Lain

 

Ditambahkan, ia berharap Tasikmalaya ini menjadi tuan rumah pelaksanaan Porda Jabar khusus venue tinju. "Ini akan menjadi spirit luar biasa bagi kami bila menjadi tuan rumah khusus di venue tinju. Dan tentunya menjadi pemantik motivasi bagi para atlet tinju Tasikmalaya, untuk menggondol medali emas,"

Sementara itu, Ketua KONI Kabupaten Tasikmalaya, Drs. H. Saeful Hidayat, M.Si mengaku bangga dengan terselenggaranya kegiataan Muscab Pertina. "Semoga dengan kepengurusan baru, menjadi motivasi cabor tinju ke depan dalam menyongsong Porda Jabar ke-14," kata Saeful.

Ia mengakui, dalam Mucsab tersebut ada koreksi-koreksi untuk di jadikan bahan bersama dalam melaksanakan pembinaan cabor-cabor prestasi di Kabupaten Tasikmalaya khususnya tinju.

"Ya banyak koreksi kepada KONI yang kita jadikan bahan dalam melaksanakan pembinaan olahraga supaya lebih efekti dan efisien," ujarnya singkat.*

 

Baca : Demi Hamzah: Prioritaskan Cabor yang Berpotensi dan Terbukti Meraih Prestasi


Berita Terkait