Ratusan Ribu Bibit Patin Ditebar di Cikidang Kabupaten Tasikmalaya

Kamis, 09 Juli 2020 23:55 D. Farhan Kamil Daerah

Ratusan Ribu Bibit Patin Ditebar di Cikidang Kabupaten Tasikmalaya


Koropak.co.id - Ketua DPRD Kabupaten Tasikmalaya, Asep Sopari Al-Ayubi SP mengatakan, langkah dan inisiatif yang dilakukan Pemerintah Kecamatan Sukaresik patut diacungi jempol. Ia mengaku sangat mengapresiasi upaya yang dilakukan pihak kecamatan hingga mendapatkan bantuan bibit ikan Patin dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

"Hal ini patut menjadi contoh bagi Kecamatan-Kecamatan lainnya, bagaimana upaya pemerintah setempat dalam rangka memelihara dan merawat keberlangsungan lingkungan demi manfaat bagi masyarakatnya. Mudah-mudahan dengan ditebarnya benih ikan Patin ini, ekosistem sungai lebih hidup dan proses menuju normalisasi sungai Cikidang-Citanduy kian kuat," tutur Asep, sesuai acara penebaran bibit ikan Patin di Sungai Cihanjuang dan Cikidang di Kampung Pasantren Desa Sukaratu Kecamatan Sukaresik, Rabu (8/7/2020).

Masyarakat sekitar sungai pun lanjut Asep, dapat mengambil manfaat protein dari ikan sungai, ketika sudah besar dan berkembang biak.

"Diharapkan muncul kearifan lokal dimana masyarakat disana benar-benar bisa menjaga dan memelihara keberlangsungan kehidupan ikan di sungai tersebut. Di sisi lain, kita di DPRD mendorong akselerasi normalisasi," ujarnya.

 

Koropak.co.id - Ratusan Ribu Bibit Patin Ditebar di Cikidang Kabupaten Tasikmalaya (2)

 


Baca : Sukaresik Tasikmalaya Diterjang Banjir Bandang Rendam Persawahan

 

Camat Sukaresik Opan Sopian SPd., M.Pd., M.Si mengatakan, bantuan ratusan ribu bibit ikan Patin dari Dinas Kelautan dan Perikanan Pemprov Jawa Barat ini, merupakan hasil pengajuan dari Desa Sukaratu Kecamatan Sukaresik yang direspons cepat oleh Pemerintah Provinsi Jabar.

"Kami mendapatkan bantuan 300 ribu ekor bibit ikan Patin bantuan dari Dinas Kelautan dan Perikanan Pemprov Jawa Barat. Semuanya ditebar di Sungai Cihanjuang-Cikidang," kata Opan.

Selain untuk menghidupkan kembali ekosistem sungai khususnya di Cikidang-Citanduy terang Opan, penebaran benih ikan ini juga untuk menumbuhkan rasa kepedulian masyarakat terhadap lingkungan sekitar sungai.

"Masyarakat tentunya lebih tertantang untuk memelihara lingkungan sungai, agar ikannya tumbuh baik dan subur, sehingga ikan yang sudah besar, nantinya bisa dimanfaatkan," ujar dia.*

 

Baca : DPRD Kabupaten Tasikmalaya Tinjau Lokasi Banjir Sukaresik