Seorang Petugas PPK di KPU Kabupaten Tasikmalaya Positif Covid-19

Rabu, 15 Juli 2020 23:16 D. Farhan Kamil Daerah

Seorang Petugas PPK di KPU Kabupaten Tasikmalaya Positif Covid-19

 

Koropak.co.id - Menyusul ditemukannya salah seorang anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) sekaligus pegawai Kantor Kecamatan Cibalong Kabupaten Tasikmalaya, positif Covid-19 berdasarkan tes swab PCR oleh tim gugus tugas percepatan penanganan Covid-19 Kabupaten Tasikmalaya, Satgas Dinas Kesehatan Dan Pengendalian Penduduk (DKPP) melakukan rapid test massal dan swab PCR, Rabu (15/7/2020).

"Hari ini kita melakukan rapid test (RDT) kepada sekitar 78 orang dan sebagian dilakukan tes swab PCR kepada orang-orang yang pernah kontak erat serta masyarakat yang berada di lingkungan dimana anggota PPK tersebut bekerja dan berinteraksi berdasarkan tracing yang kita lakukan," kata Ketua Satgas DKPP Kabupaten Tasikmalaya, Atang Sumardi.

Adapun hasil pemeriksaan baik RDT maupun swab PCR akan disampaikan kepada Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTP2) Covid-19 Kabupaten Tasikmalaya sebagai dasar langkah berikutnya dalam rangka percepatan penanganan pandemi Covid-19 khususnya di Cibalong.

 

(Lagi, kasus positif Covid-19 muncul di Kabupaten Tasikmalaya)

 

Lebih lanjut Atang yang juga Kepala Bidang (Kabid) Pencegahan dan Penanganan Penyakit (P2P) DKPP Kabupaten Tasikmalaya ini menjelaskan, meski anggota PPK tersebut dinyatakan positif Covid-19 berdasarkan pemeriksaan Swab PCR, namun yang bersangkutan, saat ini belum menjalani isolasi dan perawatan di RSUD SMC.

"Ia masih isolasi mandiri di rumahnya, selain karena Tanpa Gejala (TG), juga berdasarkan surveillans Puskesmas Cibalong, masyarakat setempat memang cukup kondusif, tidak resah atau merasa takut. Dan keluarganya pun bisa menerima, termasuk masyarakat di daerah sekitarnya," tuturnya.

Ditambahkan, sesuai Permenkes RI terbaru, ketika TG atau ada gejala ringan dan sedang, maka bisa diisolasi mandiri di rumah. Tetapi jika sudah mengidap gejala parah, baru bisa dirawat ke rumah sakit rujukan Covid-19 dalam hal ini RSUD SMC," ucapnya.

 

Koropak.co.id - Seorang Petugas PPK di KPU Kabupaten Tasikmalaya Positif Covid-19 (1)

 

(Pasien positif Covid-19 di Kabupaten Tasikmalaya tak tulari anggota keluarganya)

 

Sementara itu, Ketua KPU Kabupaten Tasikmalaya Zamzam Zamaludin SP membenarkan, bahwa ada satu orang anggota PPK yang hasil rapid test nya reaktif. Kemudian diperiksa Swab/PCR di RSUD SMC, hasilnya positif.

Menurutnya, yang bersangkutan statusnya Orang Tanpa Gejala (OTG). Dan setelah koordinasi dengan GTP2 Covid-19 termasuk pihak Dinkes, KPU menyarankan agar yang bersangkutan mengisolasi mandiri di rumah.

"Kondisi fisik yang bersangkutan cukup bugar dan sehat tanpa keluhan. Kita menyarankan agar dia mengisolasi mandiri dan menjaga kesehatan serta imun tubuh dengan seksama, selama beberapa hari ke depan," ujarnya.

Adapun terkait aktivitas tahapan Pilkada kata Zamzam, KPU telah menetapkan bagi anggota PPK di Cibalong, untuk bekerja dari rumah atau Work From Home (WFH).

"Adapun hal-hal yang tidak dapat dikerjakan oleh teman-teman PPK disana, nanti akan di-handel oleh KPU Kabupaten Tasikmalaya. Tetapi untuk kegiatan lain yang sifatnya administratif seperti laporan, dilakukan secara daring saja," kata Zamzam.*

 

(Kemenag Kabupaten Tasikmalaya bagikan sembako dan Anti Covid-19)


Berita Terkait