Dewan Sepakat Bentuk Pansus Untuk Usut Tuntas Kasus Pembangunan Jalan Lingkar Utara

Kamis, 16 Juli 2020 20:42 Eris Kuswara Parlemen

Dewan Sepakat Bentuk Pansus Untuk Usut Tuntas Kasus Pembangunan Jalan Lingkar Utara


Koropak.co.id - Dengan didampingi kuasa hukum, sejumlah pemilik tanah di jalan lingkar utara Kota Tasikmalaya yang masih bersengketa, mendatangi kantor DPRD Kota Tasikmalaya dan beraudiensi bersama anggota DPRD Kota Tasikmalaya di Ruang Badan Musyawarah (Banmus), Rabu (15/7/2020).

Dalam audiensi tersebut, para pemilik tanah memaparkan seluruh permasalahan terkait pembebasan tanah jalan lingkar utara yang masih berstatus sengketa.

Diketahui, setelah lama tidak terdengar, kasus sengketa pembebasan lahan Jalan Lingkar Utara ini kembali mencuat setelah Pemerintah Kota Tasikmalaya, berencana akan meneruskan pembangunan jalan tersebut, menyusul rencana pembangunan jalan Tol Bandung - Tasikmalaya - Cilacap (Baticap).

 

Baca : Warga Cimerak Tuntut Kejelasan Penggantian Proyek Lingkar Utara

 

Salah seorang perwakilan pemilik tanah, Yudi mengatakan, pihaknya membawa data kronologis mengenai perkembangan kasus Jalan Lingkar Utara, sejak awal pembebasan hingga proses penyelesaiannya yang tidak tuntas sedikitpun.

"Alhamdulillah semua fraksi yang ada di DPRD mengerti tentang penderitaan kami selama ini. Bahkan Wakil Ketua DPRD dari fraksi PDI Perjuangan juga merasakan bahwa kami memang telah dibodohi atau terbodohi dan terninabobokan oleh pernyataan-pernyataan yang dilayangkan pihak eksekutif, terkait pembebasan lahan pembangunan jalan lingkar utara," kata Yudi.

Terkait pelaksanaan lelang terang Yudi, seharusnya setelah ada hasil keputusan inkrah pada 16 November 2019, lelang segera dilaksanakan. Tetapi pada kenyataannya, sampai hari ini lelang belum ada kejelasan.

"Padahal dalam aturannya sejak ada putusan inkrah, maksimal satu bulan lelang harus sudah dilaksanakan," ujarnya.

 

Koropak.co.id - Dewan Sepakat Bentuk Pansus Untuk Usut Tuntas Kasus Pembangunan Jalan Lingkar Utara (1)

 


Baca : Dana Pembebasan Lahan Lingkar Utara Diduga Menguap

 

Sementara itu, Wakil Ketua DPRD Kota Tasikmalaya Muslim S.Sos., M.Si menyebutkan, semua fraksi di DPRD Kota Tasikmalaya bersepakat untuk membuat Panitia Khusus (Pansus) terkait sengketa pembebasan lahan jalan lingkar utara.

"Kini semua sudah terang benderang. Setelah menelaah laporan dari masyarakat, kami pun sepakat untuk menindaklanjutinya melalui pansus agar kasus ini cepat terselesaikan. Kami nanti akan membuat jadwal untuk menindaklanjutinya sesuai dengan mekanisme," tutur Muslim.*

 

Baca : Pemerintah Lamban Selesaikan Masalah Lingkar Utara