Penambahan Positif Covid-19 di Kabupaten Tasikmalaya dari Empat Kecamatan Berbeda

Jum'at, 17 Juli 2020 21:52 D. Farhan Kamil Daerah

Penambahan Positif Covid-19 di Kabupaten Tasikmalaya dari Empat Kecamatan Berbeda

 

Koropak.co.id - Setelah hampir sebulan lebih zero kasus positif Covid-19, empat orang warga Kabupaten Tasikmalaya dari empat kecamatan berbeda saat ini menjalani perawatan intensif RSUD SMC Kabupaten Tasikmalaya, setelah keempatnya dinyatakan positif Covid-19 berdasarkan pemeriksaan swab/PCR.

Dengan penambahan jumlah kasus positif Covid-19 yang terjadi pada pekan kedua dan ketiga bulan Juli ini, total jumlah kasus positif Covid-19 di Kabupaten Tasimalaya tercatat sebanyak 9 orang. Lima orang telah dinyatakan sembuh setelah menjalani perawatan di RSUD SMC.

"Untuk yang lima orang positif Covid-19 sudah sembuh lebih dari satu bulan yang lalu. Kesembilan orang positif Covid-19 itu, semuanya kasus impor dari luar kota," kata juru bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Tasikmalaya, dr Heru Suharto, M.MKes, Jumat (17/7/2020).

 

Baca : Seorang petugas PPK di KPU Kabupaten Tasikmalaya positif Covid-19


Adapun empat orang pasien terkonfirmasi positif Covid-19 yang saat ini menjalani isolasi di RSUD SMC kata Heru, berasal dari empat kecamatan yakni Leuwisari, Cibalong, Cikalong dan Sodonghilir.

"Secara unum kondisi kesehatan keempat pasien tersebut terus membaik. Mudah-mudahan setelah melalui pemeriksaan intensif termasuk tes cepat molekuler (TCM), keempatnya segera dinyatakan sembuh dan segera dapat berkumpul bersama keluarga dengan tetap menjalankan protokol kesehatan, "ujarnya.

Ditambahkan, meskipun berdasarkan Permenkes RI bahwa orang yang terkonfirmasi positif Covid-19 namun tanpa gejala (TG) atau gejala ringan dan sedang, bisa menjalankan isolasi mandiri di rumah, namun untuk mengantisipasi terjadinya penyebaran virus corona, gugus tugas memilih merekomendasi keempatnya diisolasi di rumah sakit.

"Disamping itu juga agar dalam penanganan dan upaya penyembuhan keempat orang tersebut, lebih maksimal," ucapnya.*

 

Baca : Pasien positif Covid-19 di Kabupaten Tasikmalaya tak tulari anggota keluarganya


Berita Terkait