RT RW Se-Tawangsari Kota Tasikmalaya Ikuti Seminar Penguatan Kapasitas Kelembagaan

Rabu, 22 Juli 2020 14:47 Hendra Cahya Desa

RT RW Se-Tawangsari Kota Tasikmalaya Ikuti Seminar Penguatan Kapasitas Kelembagaan

 

Koropak.co.id - Dalam rangka meningkatkan kapasitas kepengurusan RT/RW termasuk sekretaris dan bendahara, Kelurahan Tawangsari menggelar kegiatan seminar dengan mengusung tema "Peningkatan Kapasitas Lembaga Masyarakat Tingkat Kelurahan" yang dilaksanakan di Aula Restoran Crown Hotel Tasikmalaya, Selasa (21/7/2020).

Kepada Koropak, Camat Tawang Yuda Permana, S.STP, M.Si mengaku sangat mengapresiasi kegiatan seminar tersebut guna mewujudkan partisipasi dan pemberdayaan masyarakat dalam rangka pengelolaan administrasi dan pengelolaan keuangan yang ada di tingkat RT/RW.

Seminar itu juga akan menunjang berbagai kegiatan pemerintahan kelurahan, baik itu kegiatan pemerintahan, pembangunan maupun kegiatan kemasyarakatan.

"Kami berharap kegiatan ini bisa dijadikan sarana penguatan lembaga organisasi RT/RW di tingkat kelurahan, baik dari segi administrasi maupun lainnya serta bisa lebih meningkatkan lagi kapasitas kepengurusan yang ada di tingkat RT/RW," kata Yuda.

Sementara itu Ketua Mejelis Pertimbangan Karang Taruna Kelurahan Tawangsari Kecamatan Tawang Kota Tasikmalaya, R. Mustari S. Gurcita, SH menyebutkan, seminar itu juga membahas tentang pengimplementasian Undang-undang Nomor 10 Tahun 2007, dimana dalam Peraturan Daerah (Perda) mencantumkan bahwa kepengurusan RT/RW itu, meliputi Ketua, Sekretaris, Bendahara (KSB).

"Namun sayang dalam implementasinya, terutama dalam hal instentif, hanya diberikan kepada Ketua RT dan RW saja. Sehingga hal ini menimbulkan kecemburuan dan ketidakadilan yang berdampak pada kinerja dari Sekretaris dan Bendahara RT/RW," tutur Mustari.

 

Koropak.co.id - RT RW Se-Tawangsari Kota Tasikmalaya Ikuti Seminar Penguatan Kapasitas Kelembagaan

 

Menurut Mustari, pihaknya sudah melayangkan surat ke DPRD Kota Tasikmalaya agar bisa menggelar audiensi dan membahas masalah ini. Namun kata dia, hingga saat ini pihaknya belum mendapatkan tanggapan.

Pihaknya menginginkan Perda yang ada terkait RT/RW bisa dikaji ulang serta di jabarkan lebih spesifik lagi. Terutama dalam hal kepengurusan RT/RW, agar hal ini tidak terus menerus menjadi polemik.

"Kami akan sinergikan kepengurusan RT/RW dengan kepemudaan seperti dengan karang taruna. Kami juga berharap pemerintah bisa lebih memperhatikan kesejahteraan RT/RW, sekretaris dan bendaharanya khususnya dari segi honorernya. Karena roda pemerintahan tidak akan berjalan dengan baik jika institusi tingkat paling bawah tidak diperhatikan," katanya.

Lurah Tawangsari, Rohman S.IP mengatakan, kegiatan seminar pemberdayaan masyarakat dan pemberdayaan sosial masyarakat Kelurahan Tawangsari dilaksanakan mulai Selasa (21/7/2020) hingga Kamis (23/7/2020). Setelah itu, kegiatan akan dilanjutkan pada 28 hingga 30 Juli 2020 mendatang, yang akan dilaksanakan di Aula Kantor Kelurahan Tawangsari Kecamatan Tawang Kota Tasikmalaya.*


Berita Terkait