KNPI Kabupaten Tasikmalaya Sambut Good Will Pemerintah Untuk Pemuda

Kamis, 23 Juli 2020 21:38 D. Farhan Kamil Daerah

KNPI Kabupaten Tasikmalaya Sambut Good Will Pemerintah Untuk Pemuda

 

Koropak.co.id - DPD Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Tasikmalaya, menggelar peringatan HUT ke-47 KNPI dan pelantikan Dewan Pengurus Kecamatan (DPK) KNPI se-Kabupaten Tasikmalaya di Gedung Paripurna DPRD Kabupaten Tasikmalaya, Kamis (23/7/2020).

Selain dihadiri Ketua DPD KNPI Jawa Barat, Rio F Wilantara, acara tersebut juga dihadiri Sekda Kabupaten Tasikmalaya, Dr. H. M. Zen, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten/Kota Tasikmalaya, serta Ketua dan jajaran pengurus DPD KNPI Kota Tasikmalaya, Majelis Pemuda Indonesia (MPI) dan mantan Ketua DPD KNPI Kabupaten Tasikmalaya.

 

(KNPI antara dosa sejarah dan harapan perbaikan bangsa)

 

Dalam momentum HUT KNPI serta pelantikan DPK KNPI se-Kabupaten Tasikmalaya itu, DPD KNPI Kabupaten Tasikmalaya mendorong para pemuda yang terhimpun dalam berbagai organisasi kepemudaan dan tergabung dalam wadah pergerakan pemuda KNPI, lebih eksis dan bermanfaat bagi masyarakat, di tengah-tengah pandemi Covid-19.

"Pemuda harus menjadi garda terdepan yang dirasakan manfaatnya oleh masyarakat dalam upaya sosialisasi pencegahan Covid-19 ini.
Sesuai tagline kita hari ini yakni pemuda bersatu lawan Covid-19 dengan slogan bersama, berdaya dan bergembira," kata Ketua DPD KNPI Kabupaten Tasikmalaya, Nana Sumarna, SE atau akrab disapa Nana Magadir.

 

(KNPI Kabupaten Tasikmalaya gaet mui bereskan pemuda)

 

Selanjutnya, di tengah-tengah tantangan kehidupan yang kian rumit dan komplek, serta kebekuan ruang-ruang ekspresi, ide atau gagasan serta kreatifitas pemuda yang kurang terjamah oleh kebijakan pemerintah pro pemuda, KNPI harus tetap hadir dan mendorong good will pemerintah untuk membuka ruang-ruang itu melalui sebuah kebijakan fundamental salah satunya Peraturan Daerah (Perda).

"Kita hari ini, terus membangun komunikasi dan koordinasi dengan pemerintah dalam hal ini melalui wakil rakyat di Komisi IV DPRD Kabupaten Tasikmalaya termasuk dengan eksekutif, dimana ide-ide dan gagasan atau butir-butir pemikiran pemuda, terpahat jelas dalam rancangan peraturan daerah sebagai embrio dari Perda. Kita menginginkan gagasan pemerintah yang juga memiliki tujuan yang sama untuk memajukan Kabupaten Tasikmalaya ini, terkolaborasi harmoni dengan semangat, gerakan dan cita-cita pemuda Kabupaten Tasikmalaya," tuturnya.

 

(KNPI gali borok, cari figur calon pemimpin Kabupaten Tasikmalaya)

 

Ditambahkan, keprihatinan KNPI selama ini, dirasa tidak akan jauh berbeda dengan keprihatinan pemerintah terkait beragam persoalan yang terjadi di Kabupaten Tasikmalaya salah satunya soal Indek Pembangunan Manusia (IPM) yang masih jauh dari harapan bersama.

Maka KNPI mendorong seluruh pemuda tetap bergerak dan terus berinovasi serta mencurahkan ide-ide atau gagasan yang bermuara pada peningkatan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Tasikmalaya.

"Kita juga mendorong pemerintah memiliki kepekaan rasa dan semangat yang sama seperti pemuda, untuk membangun Kabupaten Tasikmalaya ini lebih baik dan maju melalui gerakan dan karya pemuda-pemudanya, yang berjalan sesuai koridor dalam tatanan atau regulasi yang dibangun pemerintah. Pemuda harus tetap semangat dan tak boleh kendor untuk membangun Kabupaten Tasikmalaya yang sejahtera," ujar Nana.

 

(KNPI award Kota Tasikmalaya raih predikat kota milenial)

 

Sementara itu Ketua DPD KNPI Provinsi Jawa Barat mengapresiasi kinerja DPD KNPI Kabupaten Tasikmalaya yang sudah mampu mempertahankan eksistensinya dan selama ini dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

Rio mendorong agar gerakan KNPI lebih fokus terhadap peningkatan IPM di Kabupaten Tasikmalaya melalui serangkaian kegiatan pemberdayaan pemuda dalam berbagai sektor kehidupan, yang pada akhirnya akan mendongkrak peningkatan IPM di Jawa Barat dan bahkan bisa menjadi yang terbaik di Indonesia.

"Kami minta pemberdayaan kepemudaan terus dilakukan agar IPM kita meningkat sehingga masyarakat bisa sejahtera dan keberadaan KNPI bisa lebih dirasakan manfaatnya," kata Rio.*

 

(KNPI gerakkan pemuda tanggap bencana cegah penyebaran covid-19)

 


Berita Terkait