Peringati Hari Bakti TNI AU Ke-73, Lanud Wiriadinata Gelar Donor Darah

Kamis, 23 Juli 2020 22:39 D. Farhan Kamil Daerah

Peringati Hari Bakti TNI AU Ke-73, Lanud Wiriadinata Gelar Donor Darah

 

Koropak.co.id - Dalam rangka memperingati Hari Bakti TNI AU Ke-73, Lanud Wiriadinata menggelar aksi sosial donor darah yang berlangsung di Gedung Rukandi Lanud Wiriadinata Kota Tasikmalaya, Rabu (22/7/2020).

Kegiatan sosial yang berkolaborasi dengan PMI Kota Tasikmalaya itu, diikuti oleh PPAU Cabang 12 Lanud Wiriadinata, PIA Ardhya Garini Cabang 7 Daerah I, Brigif Raider 13/Galuh, Satpol PP Kota Tasikmalaya, Ormas Pemuda Pancasila, HDCI Chapter Tasikmalaya, serta perwakilan dari PT. Dirgantara Indonesia, termasuk seluruh personel Lanud Wiriadinata.

Dari kegiatan tersebut, berhasil dikumpulkan sebanyak 40 labu darah yang akan disumbangkan kepada masyarakat yang membutuhkan, melalui PMI.

Komandan Lanud Wiriadinata Letkol Nav Ali Sudirman Pasaribu, SH., mengatakan, kegiatan sosial seperti ini rutin digelar pada setiap acara besar di lingkungan TNI Angkatan Udara. Termasuk pada momen Hari Bakti TNI AU Ke-73 tahun 2020.

"Pada fase adaptasi kebiasaan baru (AKB) ini, kita tetap menggelar kegiatan sosial namun dengan memperhatikan protokok kesehatan untuk mencegah terjadinya penyebaran virus covid-19. Hal ini juga sesuai dengan tema yang diusung pada momen Hari Bakti TNI AU tahun ini yakni, Dengan Nilai-Nilai Kepahlawanan 29 Juli 1947, TNI AU Siap Mendukung Adaptasi Kebiasaan Baru Menuju Indonesia Maju," ujarnya.

 

Koropak.co.id - Peringati Hari Bakti TNI AU Ke-73, Lanud Wiriadinata Gelar Donor Darah

 


Baca : BPBD dan TNI/ Polri Bersama Nasyarakat Bangun Jalan Alternatif


Lebih lanjut ia menjelaskan, peringatan Hari Bakti TNI AU di era tatanan hidup baru ini, tidak diselenggarakan hanya sebatas seremonial saja, namun lebih mengedepankan berkarya dan langsung menyentuh kehidupan masyarakat luas.

"Ini kita lakukan untuk membangun rasa empati kepada sesama umat manusia. Seperti slogan yang sering kita dengar, bahwa setetes darah sangat berarti bagi nyawa manusia, maka, jika ada orang yang sangat membutuhkan darah untuk kelangsungan hidupnya, di sanalah peran pendonor menjadi vital," tuturnya.

Pihaknya berharap, melalui kegiatan ini dapat menambah stok darah di PMI, sehingga tidak ada kekhawatiran stok darah habis ketika masyarakat membutuhkan.

"Di masa pandemi ini, rata-rata di berbagai daerah mengalami penurunan jumlah stok darah yang cukup drastis. Maka kita hadir dan ikut berkontribusi ketersediaan darah di PMI," ucapnya.*

 

Baca : Polri TNI dan Forkopimda Jabar bersinergi gelar touring dan baksos peduli Covid-19