Empat Kecamatan Di Kota Tasikmalaya Akan Dilewati Tol Cigatas

Jum'at, 24 Juli 2020 07:51 Eris Kuswara Daerah

Empat Kecamatan Di Kota Tasikmalaya Akan Dilewati Tol Cigatas


Koropak.co.id - Walikota Tasikmalaya, Drs H Budi Budiman menghadiri acara Expose Pra Persiapan Rencana Pengadaan Tanah dalam rangka pembangunan Jalan Tol Gede Bage - Tasikmalaya - Pangandaran, yang dilaksanakan di Ballroom Hotel Horison, Rabu (22/7/2020).

Dalam acara tersebut, hadir Sekretaris Daerah Kota Tasikmalaya, H Ivan Dicksan, Kepala PPK Lahan Dirjen Bina marga, Asisten II Provinsi, para Camat dan Lurah se-Kota Tasikmalaya beserta tamu undangan lainnya.

Walikota Tasikmalaya mengatakan, rencananya trase jalan Cileunyi - Garut - Tasikmalaya (Cigatas) ini, nantinya akan melintasi 16 kelurahan di empat kecamatan di Kota Tasikmalaya. Yakni Kecamatan Mangkubumi, Kawalu, Tamansari, hingga Cibeureum.

"Panjang trase jalan yang melewati kawasan Kota Tasikmalaya itu mencapai 13,4 kilo meter," kata Budi seusai menghadiri eskpose.

 

Koropak.co.id - Empat Kecamatan Di Kota Tasikmalaya Akan Dilewati Tol Cigatas

 

Ditambahkan, untuk pembangunan tahap pertama yakni ruas Gedebage - Kota Tasikmalaya, hingga saat ini tahap penentuan lokasinya (penlok) baru sampai ke Kecamatan Mangkubumi dengan lokasi exit tolnya di Jalan Gubernur Sewaka.

"Semoga tahapan ini tuntas pada Desember 2020 nanti. Sehingga memasuki tahun 2021 sudah dimulai kegiatan pembebasan lahan dan di tahun 2022 bisa dimulai pembangunan trasenya," tuturnya.

Ia berharap, pada tahun 2024 mendatang, pembangunan jalan tol sudah selesai dan mulai bisa digunakan.

Oleh karena itu lanjut dia, Pemerintah Kota Tasikmalaya saat ini, akan bergerak cepat membantu pihak Pemerintah Provinsi Jawa Barat dan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dalam rangka pemberkasan administrasi agar tahapan penlok dapat segera tuntas.

"Apabila penlok bisa selesai dengan cepat, maka kegiatan selanjutnya yakni pembebasan lahan, bisa langsung digarap," ujarnya.*

 

Baca : Walikota Tasikmalaya Minta 16 Lurah Inventarisasi Lahan yang Terkena Tol Cigatas


Berita Terkait