Bupati Tasikmalaya Jamin Distribusi Bantuan Logistik Selama Karantina Mikro

Minggu, 26 Juli 2020 21:59 D. Farhan Kamil Daerah

Bupati Tasikmalaya Jamin Distribusi Bantuan Logistik Selama Karantina Mikro

 

Koropak.co.id - Seiring diberlakukannya pembatasan sosial bersekala mikro (PSBM) di Desa Cipatujah Kabupaten Tasikmalaya, Pemerintah Kabupaten menjamin pasokan bantuan logistik yang dibutuhkan warga yang terdampak PSBM selama penerapan program tersebut, untuk minimal 14 hari ke depan.

"Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTP2) Covid-19 Kabupaten Tasikmalaya menjamin distribusi bantuan logistik bagi masyarakat di Desa Cipatujah yang menjalani PSBM," kata Bupati Tasikmalaya, H. Ade Sugianto seusai memimpin upacara peringatan hari jadi Kabupaten Tasikmalaya ke-388 di halaman Setda, Minggu (26/7/2020).

 

(Besok Pemkab Tasikmalaya terapkan pembatasan sosial-berskala mikro di Cipatujah)

 

PSBM menurut Ade, sebagai langkah cepat tim GTP2 Covid-19 mengantisipasi risiko penyebaran Covid-19 khususnya di wilayah selatan Kabupaten Tasikmalaya, pasca ditemukannya warga Cipatujah sebagai pekerja puskesmas yang positif Covid-19.

"Kita coba untuk melindungi masyarakat jangan sampai tertular atau menularkan, bahwa atas hasil pengkajian pasca ditemukannya warga terkonfirmasi Covid-19 berdasar swab test/PCR, maka kita coba eliminir jangan sampai terjadi penyebaran virus corona," terangnya.

Pemerintah terus mengkaji, memantau dan mengevaluasi langkah tim GTP2 Covid-19 dalam PSBM ini. Pihaknya akan memaksimalkan peran tim GTP2 Covid-19 Kabupaten Tasikmalaya dan kecamatan hingga desa, untuk memastikan tidak adanya kasus baru Covid-19 khususnya di sekitar lingkungan kawasan PSBM.

 

(Penambahan positif Covid-19 di Kabupaten Tasikmalaya dari empat kecamatan berbeda)

 

Ditambahkan, berdasarkan laporan dari tim medis GTP2 Covid-19, pasien terkonfirmasi positif Covid-19 yang meninggal dunia, memiliki kormobid. Artinya pasien tersebut memiliki lebih dari dua penyakit penyerta, di antaranya seperti TBC. Maka dalam situasi seperti ini, pola hidup bersih dan sehat serta kesadaran sehat yang tinggi dari masyarakat, bisa menjadi jaminan terhindar dari risiko penyakit berbahaya.

Ia juga menyebutkan, untuk membatasi keluar masuk orang ke wilayah Desa Cipatujah, TNI dan juga Polri serta tim GTP2 Covid-19 Kabupaten Tasikmalaya, melakukan pengetatan dalam pengawasan, untuk meminimalisir kemungkinan penyebaran Covid-19.*

 

(Seorang petugas PPK di KPU Kabupaten Tasikmalaya positif Covid-19)


Berita Terkait