Pemkab Tasikmalaya Dukung Keterjaminan Hak Pemilih Dalam Pilkada

Minggu, 26 Juli 2020 22:43 D. Farhan Kamil Pilkada

Pemkab Tasikmalaya Dukung Keterjaminan Hak Pemilih Dalam Pilkada


Koropak.co.id - Asda I Kabupaten Tasikmalaya, H. Ahmad Muksin mengatakan, salah satu tugas Desk Pilkada Pemerintah Kabupaten Tasikmalaya adalah pemantauan hak pilih yang hubungannya dengan masalah partisipasi pemilih dan persoalan pemilu yang sering muncul gegara validitas Daftar Pemilih Tetap (DPT).

Maka kata dia, apa yang dilakukan oleh Bawaslu dengan gerakan menjaga hak pilih dan dibentuknya posko pengaduan oleh Bawaslu, pemerintah mengaperesiasinya sebagai bentuk kebulatan komitmen dalam rangka menyukseskan Pilkada dengan tingginya tingkat partisipasi pemilih.

"Pemerintah melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil sudah memiliki data lengkap hasil pendataan ulang sebagai dasar untuk dijadikan daftar pemilih. Bahkan data tersebut sudah diserahkan kepada pihak penyelenggara pemilu, kita terus melakukan pemantauan agar setiap warga yang sudah 17 tahun, hak pilihnya terakomodir," ujarnya, seusai memberikan materi di acara kegiatan sosialisasi penguatan penyelesaian sengketa antar peserta pada Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Tasikmalaya Tahun 2020 di Favehotel Kota Tasikmalaya, Minggu (26/7/2020).

 

Baca : Anggota Panwascam Digembleng Mekanisme Penyelesaian Sengketa Pilkada

 

Pemerintah berharap dengan adanya posko pengaduan, permasalahan kaitan dengan hak pilih masyarakat bisa diminimalisir. Tak ada lagi cerita, pemilik hak pilih tidak terakomodir dalam daftar pemilih.

"Kesuksesan pemilu dilihat dari tingkat partisipasi pemilih. Pemimpin yang terpilih nanti merupakan suara rakyat yang mencerminkan kehendak rakyat secara umum di Kabupaten Tasikmalaya. Pilkada ini harus betul-betul menghasilkan pemimpin yang berkualitas dan berintegritas. Karena hal ini menentukan nasib Kabupaten Tasikmalaya lima tahun ke depan," ujarnya.*

 

Baca : Kehormatan Bawaslu Ditunjang Oleh Kinerja dan Integritas Panwascam