Pasien Sembuh Covid-19 Disambut Warga, Kini Cigadog Kabupaten Tasikmalaya Zona Hijau

Selasa, 28 Juli 2020 23:02 D. Farhan Kamil Daerah

Pasien Sembuh Covid-19 Disambut Warga, Kini Cigadog Kabupaten Tasikmalaya Zona Hijau

 

Koropak.co.id - Laiknya menyambut tokoh besar masyarakat, puluhan warga Kampung dan Desa Cigadog RT 07 RW 01 Kecamatan Leuwisari Kabupaten Tasikmalaya, menyambut kedatangan Yayat (36) yang baru saja dinyatakan sembuh dari Covid-19, setelah selama 21 hari diisolasi dan dirawat di RSUD SMC Kabupaten Tasikmalaya, Selasa (28/7/2020).

Sorak sorai dan riang gembira warga, termasuk jajaran BPD dan forum RT Cigadog, ketika melihat Yayat turun dari mobil ambulance, bahkan teriakan warga terdengar kencang "Cigadog bebas covid-19",  "Cigadog zona hijau", sembari mengiringi Yayat berjalan menuju rumah orang tuanya.

 

(Lagi kasus positif Covid-19 muncul di Kabupaten Tasikmalaya)

 

Dengan didampingi Kepala Desa Cigadog, petugas Babinsa dan Babinkamtibmas serta Kepala UPT Puskesmas Leuwisari, Yayat tegak berjalan sembari melempar senyum ke setiap tetangga yang berdiri di depan halaman rumah masing-masing, menyambut kehadirannya kembali ke tengah keluarga.

Tidak sedikit, nampak ibu-ibu tak sanggup menahan tangis sembari berucap kalimat-kalimat tahmid dan tasbih, tersentuh rasa melihat anggota keluarganya sembuh dari ancaman penyakit berbahaya.

"Alhamdulillah hari ini, kami bisa menjemput warga kami sekaligus keluarga besar kami dari rumah sakit, setelah 21 hari dirawat di sana. Yayat ini dinyatakan sembuh dari Covid-19 dan itu dibuktikan dengan sertifikat sehat yang dikeluarkan direksi RSUD SMC," kata Kepala Desa Cigadog Agus Hendriansah.

 

Koropak.co.id - Pasien Sembuh Covid-19 Disambut Warga, Kini Cigadog Kabupaten Tasikmalaya Zona Hijau

 

(Penambahan positif Covid-19 di Kabupaten Tasikmalaya dari empat kecamatan berbeda)

 

Dengan kesembuhan warga kami ini lanjut Agus, dipastikan bahwa Desa Cigadog kembali menjadi zona hijau dan bebas Covid-19. Diharapkan tidak ada lagi sangkaan miring atau bahkan fitnah khususnya bagi keluarga Yayat termasuk warga desa secara umum, jika Desa Cigadog merupakan zona merah dan berbahaya.

"Ini sangat melegakan bagi kami sebagai kepala desa termasuk warga. Tak ada lagi keresahaan atau waswas serta ketakutan. Ini kasus positif Covid-19 pertama di Cigadog dan mudah-mudahan kasus terakhir," ujarnya.

Meskipun sudah dinyatakan sembuh, namun pihak rumah sakit tetap menyarankan kepada Yayat untuk mengisolasi mandiri di rumah dengan menjalankan protokol kesehatan.

"Begitu pula untuk anggota keluarganya termasuk warga masyarakat Desa Cigadog. Kami mengimbau agar tetap mejalankan setiap aturan pemerintah terkait protokol kesehatan salah satunya menggunakan masker di areal-areal publik," tuturnya.

 

(Seorang petugas PPK di KPU Kabupaten Tasikmalaya positif Covid-19)

 

Sementara itu, Direktur RSUD SMC Kabupaten Tasikmalaya, dr Iman Firmansyah M.M.Kes mengatakan, pasien terkonfirmasi positif Covid-19 ini merupakan impor dari Jakarta, dan kini dinyatakan sembuh setelah menjalani 21 hari perawatan dan isolasi di SMC serta menjalani dua kali pemeriksaan Swab PCR dengan hasil negatif.

Adapun terang Iman, Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Tasikmalaya melalui Satgas Dinas Kesehatan, telah melakukan tracking keluarga yang kontak erat dengan pasien tersebut bahkan sudah di Swab PCR dengan hasil negatif.*

 

(Pasien positif Covid-19 di Kabupaten Tasikmalaya tak tulari anggota keluarganya)


Berita Terkait