Kelurahan Tawangsari Kota Tasikmalaya Gelar Pelatihan Alat Musik Tradisional

Rabu, 29 Juli 2020 15:11 Adin Wardini Desa

Kelurahan Tawangsari Kota Tasikmalaya Gelar Pelatihan Alat Musik Tradisional


Koropak.co.id - Untuk mendongkrak gairah dan semangat kerja serta soliditas kepengurusan wilayah RT/RW, Kelurahan Tawangsari menggelar kegiatan karang taruna seni budaya tradisonal yang berlangsung di Kantor Kelurahan Tawangsari Jalan Dr. Sukardjo Kota Tasikmalaya, Selasa (28/7/2020).

Lurah Tawangsari, Rohman S.IP mengatakan, seni dan budaya yang ada di tatar Sunda sangat banyak dan beragam. Salah satunya adalah seni gamelan yang saat ini keberadaannya mulai dilupakan masyarakat Sunda.

"Melalui kegiatan seni budaya ini, kami ingin menggerakan karang taruna khususnya di Kelurahan Tawangsari, bersama-sama mencitai, memelihara dan mengembangkan seni budaya Sunda warisan nenek moyang kita. Di samping itu juga, ikatan karang taruna di Kelurahan Tawangsari bisa semakin erat dan harmoni membangun Tawangsari," kata Rohman.

Menurutnya, kegiatan karang taruna ini juga diharapkan melahirkan bakat-bakat seni di masyarakat, yang notabene dengah seni itu dapat menjadi nilai ekonomi bagi kehidupan mereka.

"Seni bukan hanya sekedar hiburan, ke depannya dari seni ini warga bisa mempunyai nilai lebih yang bisa digunakan untuk perkembangan kehidupan masyarakat. Kami berharap Kelurahan Tawangsari mengalami kemajuan signifikan dalam berbagai sektor, termasuk bidang ekonomi dan keamanan," tuturnya.

 

Koropak.co.id - Kelurahan Tawangsari Kota Tasikmalaya Gelar Pelatihan Alat Musik Tradisional

 

 

Baca : Tekan Sebaran Covid-19, Kelurahan Tawangsari Gebyarkan Lagi Siskamling

 

Sementara itu, Ketua Karang Taruna Bhineka Karya Kelurahan Tawangsari, Wati Trisna Wati menuturkan, pihaknya berharap bisa memajukan kebudayaan Sunda serta lebih mengenalkan lagi kesenian dan kebudayaan Sunda kepada masyarakat.

"Kami juga terus berupaya mengembangkan bakat para pemuda yang ada di Kelurahan Tawangsari melalui latihan-latihan seni dan budaya. Hal ini juga sebagai upaya kami agar budaya Sunda tidak punah meskipun zaman terus berubah semakin maju," tutur Wati.*

 

Baca : RT RW Se-Tawangsari Kota Tasikmalaya Ikuti Seminar Penguatan Kapasitas Kelembagaan