Pemerintah Kota Tasikmalaya Tebar Sebanyak 350 Benih Ikan Di Situ Gede

Rabu, 29 Juli 2020 16:39 Eris Kuswara Daerah

Pemerintah Kota Tasikmalaya Tebar Sebanyak 350 Benih Ikan Di Situ Gede


Koropak.co.id - Walikota Tasikmalaya, Drs H Budi Budiman menghadiri kegiatan tebar benih ikan yang dilaksanakan di Situ Gede Kecamatan Mangkubumi Kota Tasikmalaya, Rabu (29/7/2020). Dalam kesempatan itu, turut hadir pula Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan Kota Tasikmalaya, H Tedi Setiadi, Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga, Kebudayaan dan Pariwisata (Disporabudpar) Kota Tasikmalaya, Aan Hadian, Camat Mangkubumi beserta tamu undangan lainnya.

Walikota Tasikmalaya, Drs H Budi Budiman mengatakan, kegiatan penebaran 350 benih ikan ini merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan Pemerintah Kota Tasikmalaya melalui Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian, Perikanan dan Peternakan Kota Tasikmalaya dan bekerjasama dengan Cabang Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Barat.

"Kami berpesan kepada masyarakat untuk selalu menjaga lingkungannya khususnya di wilayah Situ Gede Tasikmalaya yang merupakan ikon dari Kota Tasikmalaya. Selain itu, kami juga mengimbau masyarakat agar jangan sampai benih ikan yang telah dilepaskan ini kemudian dijaring, tunggu dulu sampai ikannya menjadi besar," kata Walikota.

Ditambahkan Walikota, dengan adanya penebaran benih ikan yang dilakukan di Situ Gede dan Situ Cibeureum Kota Tasikmalaya ini diharapkan dapat membantu perekonomian masyarakat Kota Tasikmalaya. Namun, hal yang paling pentingnya juga ini bisa menjadi gambaran bahwa masyarakat Kota Tasikmalaya gemar makan ikan, karena ikan sendiri mempunyai protein yang tinggi.

 

 

Koropak.co.id - Pemerintah Kota Tasikmalaya Tebar Sebanyak 350 Benih Ikan Di Situ Gede

 

Baca : Realisasi Anggaran Pertanian dan Perikanan Mencapai Persen

 

Sementara itu, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Pertanian, Perikanan dan Peternakan Kota Tasikmalaya, H Tedi Setiadi menuturkan, guna menambah stok ikan agar dapat dimanfaatkan, dikelola dan bisa dirasakan manfaatnya oleh masyarakat, Pemerintah Kota Tasikmalaya pun melaksanakan penebaran benih ikan (restoking) di Objek Wisata Situgede Kelurahan Linggajaya Kecamatan Mangkubumi Kota Tasikmalaya.

“Pada penebaran benih ikan di Kota Tasikmalaya sendiri dilaksanakan di dua tempat berbeda yakni di Situ Gede dan Situ Cibereum Kota Tasikmalaya. Untuk di Objek Wisata Situ Gede sendiri, kami melakukan restoking sebanyak 350 ribu benih ikan yang meliputi 25 ribu ekor jenis ikan patin, 25 ribu ekor jenis ikan nila dan sebanyak 300 ribu jenis ikan nilem dan tawes," tutur Tedi.

Dikatakan Tedi, kemudian, untuk tujuan diadakan penebaran benih ikan ini adalah untuk bisa menambah persediaan ikan di Kota Tasikmalaya agar dapat dimanfaatkan dan dikelola masyarakat. Bahkan kedepannya juga hasil dari pembenihan ikan ini bisa dirasakan manfaatnya oleh masyarakat sekitar.*

 

Lihat : Dewan Dukung Inovasi Pelayanan Kesehatan dan Perikanan Kota Tasikmalaya


Berita Terkait