Berbagai Keutamaan Puasa Arafah, Puasa Jelang Hari Raya Iduladha

Rabu, 29 Juli 2020 22:34 Eris Kuswara Daerah

Berbagai Keutamaan Puasa Arafah, Puasa Jelang Hari Raya Iduladha


Koropak.co.id - Berbicara mengenai Puasa Arafah, diketahui puasa ini memiliki keutamaan yang begitu luar biasa. Sehingga membuat puasa yang hukumnya sunnah ini sangat dianjurkan untuk bisa dilaksanakan bagi umat Islam yang tidak sedang melaksanakan ibadah haji.

Puasa Arafah ini dilaksanakan pada 9 dzulhijjah, dimana hari tersebut merupakan hari ketika jamaah haji sedang melaksanakan wuquf di Padan Arafah.

Puasa sunah yang dilaksanakan sehari sebelum hari Raya Idul Adha tersebut, untuk pelaksanaannya berbeda dengan ibadah puasa pada umumnya. Namun perbedaannya hanya terletak pada niat puasa.

 

Baca : Tips Menjaga Kulit Tetap Lembap dan Kenyal Selama Berpuasa

 

Dikonfirmasi Koropak melalui sambungan telepon, Rabu (29/7/2020) Sekretaris MUI Kota Tasikmalaya, KH Aminudin Bustomi M.Ag mengatakan, puasa Arafah hukumnya sunnah bagi yang sedang tidak melaksanakan ibadah haji atau wukuf di Arafah. Selain itu juga, dikarenakan tahun ini memang di Indonesia juga tidak ada yang berangkat haji, sehingga ini bisa menjadi kesempatan emas bagi masyarakat untuk bisa mendekatkan diri kepada Allah dan menambah investasi amal kebaikan.

"Diketahui juga bahwa puasa sunnah ini juga sudah dijelaskan pula dalam hadist yang sudah terbukti kebenarannya. Berdasarkan hadits riwayat imam Muslim, dikatakan bahwa Puasa Arafah bisa menghapus dosa manusia selama 2 tahun, yakni dosa 1 tahun yang lalu dan 1 tahun yang akan datang. Artinya, ini juga bisa menjadi momentum bagi kita untuk membersihkan dan menyucikan diri dari noda dan dosa kemaksiatan," kata Aminudin.*

 

Baca : Panduan Pelaksanaan Salat Iduladha dan Pemotongan Hewan Kurban di Kota Tasikmalaya


Berita Terkait