Anggota Dewan Dampingi Petani Milenial Berinovasi, Kembangkan Sayuran Hidroponik

Sabtu, 01 Agustus 2020 09:01 Eris Kuswara Parlemen

Anggota Dewan Dampingi Petani Milenial Berinovasi, Kembangkan Sayuran Hidroponik

 

Koropak.co.id - Sebagai upaya pemulihan perekonomian rakyat kecil yang terdampak pandemi Covid-19, Anggota Komisi II DPRD Kota Tasikmalaya, H Murjani SE., MM membuat program mitra usaha binaan pola tanam sayuran dengan sistem hidroponik.

Para petani milenial yang menjadi mitra binaan, diberikan pendampingan mulai dari cara menanam hingga cara membuat penawaran. Sehingga, nantinya akan terbentuk market.

"Saya sebagai wakil rakyat, memandang perlu adanya langkah nyata dalam menumbuhkembangkan berbagai usaha baru atau usaha lama khususnya bidang usaha mikro," kata Murjani, Kamis (30/7/2020).

Selain itu tutur dia, sektor pertanian juga merupakan salah satu yang ia jadikan pilot project dengan memasang target 100 persen sukses.

"Saya sebagai mentor melakukan pendampingan kepada para petani milenial ini, mulai dari awal hingga akhir, termasuk juga sistem administrasinya," ujarnya.

 

Koropak.co.id - Anggota Dewan Dampingi Petani Milenial Berinovasi, Kembangkan Sayuran Hidroponik

 

Lihat : Cemilan unik manisan sayuran khas Tamansari Kota Tasikmalaya

 

Untuk pendampingan lanjut dia, dilakukan mulai dari produksi hingga ke tahap pemasaran. Ia mengaku memiliki pengalaman selama 20 tahun di bidang marketing dan pernah mengelola perusahaan besar. Dari pengalaman itulah ia meyakini mitra binaannya akan sukses.

"Selain di bidang pertanian, saya juga memiliki pilot project di mitra usaha binaan lain seperti mie baso. Salah satu contoh mitra usaha binaan saya yang berjalan hingga saat ini adalah Mie Baso SK yang berada di daerah Cianjur Kidul Gunung Tandala Kawalu Kota Tasikmalaya," ucapnya.

Salah satu petani sayur milenial pola tanam sistem hidroponik binaan, Imam Sayid menuturkan, dirinya memiliki kebun yang berada di Perum Aksa Jaya atau Winaya Jaya B6 Sambongjaya Kota Tasikmalaya.

Ia mengaku, selama ini sukses melayani penjualan secara online melalui WhatsApp dengan nomor 082120033027, dan barang diantar sesuai alamat pemesan.

"Selain online, bisa juga dengan membeli ditempat. Konsumen bisa petik, panen, timbang dan bayar sendiri di lokasi. Selain itu kami juga menyediakan mobil keliling di Pasar Cikurubuk Tasikmalaya, car free day, sehingga konsumen tidak akan kesulitan untuk mendapatkan sayuran hasil panen," tutur Imam.*

 

Lihat : Bisnis manis si manisan sayuran karya gema madani simpati

 




Berita Terkait