Di Tengah Kasus Covid-19 Kian Mengkhawatirkan, Kesadaran Warga Tetap Rendah

Senin, 03 Agustus 2020 21:35 D. Farhan Kamil Daerah

Di Tengah Kasus Covid-19 Kian Mengkhawatirkan, Kesadaran Warga Tetap Rendah

 

Koropak.co.id - Sejumlah anggota TNI dari Koramil 1211 Singaparna yang merupakan tim gugus tugas tingkat Kecamatan Singaparna, melakukan sidak penggunaan masker di Pasar Singaparna, Senin (3/8/2020).

Selain menemukan banyak pembeli yang tidak menggunakan masker, petugas juga mendapatkan hampir sebagian besar pedagang pasar Singaparna tidak memakai masker. Rata-rata masker hanya dijadikan pajangan di depan leher.

"Kita melihat di lapangan, memang banyak yang tidak menggunakan masker. Artinya kesadaran terhadap pentingnya melaksanakan protokol kesehatan masih rendah," kata Danramil 1211 Singaparna Mayor Infantri Dedy.

Dalam sidak itu kata Dedy, pihaknya hanya memberikan imbauan dan sosialisasi kepada pedagang dan pembeli untuk selalu menggunakan masker. Adapun terkait soal sanksi denda, ia menegaskan, ketentuan itu merupakan kewenangan dari pemerintah daerah.

"Kita hanya sosialisasi dan imbauan saja, sanksi itu kewenangannya ada di gugus tugas tingkat Kabupaten atau," ujarnya.

 

Baca : Cegah Sebaran Covid-19, Pedagang Bandel Dihalau Satpol PP Kabupaten Tasikmalaya

 

Sementara itu, Kabid Penegakan Perda Satpol PP, Engkos Koswara menyebutkan, aturan sanksi denda Pemprov Jawa Barat bagi yang tidak bermasker di ruang-ruang publik seperti pasar, membuat pihaknya dilematis untuk menerapkan ketentuan tersebut di Kabupaten Tasikmalaya.

"Sampai saat ini aturannya masih dalam pembahasan, terutama soal teknis pembayaran denda. Kita tidak bisa gegabah melangkah, selain saat ini sebatas imbauan saja," terang Engkos.

Berdasarkan catatan GTP2 Covid-19 Kabupaten Tasikmalaya, hingga Senin (3/8/2020) pukul 12.00 WIB, jumlah pasien terkonfirmasi positif Covid-19 berjumlah 34 orang. Jumlah itu, tersebar di 9 Kecamatan yang ada di Kabupaten Tasikmalaya.*

 

Baca : Lonjakan Kasus Positif Covid-19 Di Kabupaten Tasikmalaya Diluar Dugaan


Berita Terkait