Bimtek Tingkat Kapasitas LPM Sebagai Mitra Strategis Lurah di Kota Tasikmalaya

Rabu, 05 Agustus 2020 21:11 Eris Kuswara Daerah

Bimtek Tingkat Kapasitas LPM Sebagai Mitra Strategis Lurah di Kota Tasikmalaya

 

Koropak.co.id - Sekretaris Daerah Kota Tasikmalaya, H Ivan Dicksan menghadiri kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Tahun 2020 yang dilaksanakan di Sembada Meeting Room City Hotel Tasikmalaya Rabu, (5/8/2020).

Dalam kesempatan itu, hadir Kepala Bagian Kesejahteraan Masyarakat Setda Kota Tasikmalaya, H Nasihin, Ketua LPM Kota Tasikmalaya beserta tamu undangan lainnya.

Sekretaris Daerah Kota Tasikmalaya mengatakan, kegiatan Bimtek kali ini dalam rangka meningkatkan kapasitas LPM yang merupakan mitra strategis Lurah di Kota Tasikmalaya yang erat kaitannya dengan penyelenggaraan pembangunan di wilayah kelurahan.

"Kapasitas LPM ini harus terus di upgrade agar dapat mengikuti perkembangan kebutuhan masyarakat yang sangat dinamis. Kami berharap kegiatan bimtek ini bisa memberikan pencerahan, menambah wawasan dan pengalaman bagi para anggota dan ketua LPM untuk mendinamiskan kegiatan pembangunan di masyarakat," kata Ivan.

 

Koropak.co.id - Bimtek Tingkat Kapasitas LPM Sebagai Mitra Strategis Lurah di Kota Tasikmalaya

 

Baca : LPM Berkontribusi Dalam Program Kesejahteraan di Tingkat Daerah

 


Ditambahkan, seperti diketahui bahwa saat ini di kelurahan terdapat alokasi anggaran yang angkanya semakin besar seperti contohnya dana kelurahan.

Oleh karena itu, dengan kegiatan bimtek ini, LPM bisa merumuskan semua yang dibutuhkan. Dengan demikian, kegiatan yang akan dikerjakan benar-benar akan efektif dan bisa mendorong tumbuhnya perekonomian masyarakat bawah.

"Kami juga sangat mengapresiasi kegiatan bimtek yang dihadiri sebanyak 69 peserta LPM seluruh Kelurahan di Kota Tasikmalaya. Sebab, kegiatan ini juga dapat meningkatkan ekstitensi LPM sebagai wadah peran aktif masyarakat. Selain itu, kegiatan bimtek ini diharapkan dapat lebih berperan aktif dalam meningkatkan jajaran LPM yang dapat menggali potensi di masyarakat," ucapnya.

Dengan meningkatkan kapasitas LPM tersebut, tutur Ivan, mendorong terciptanya perencanaan pembangunan yang akan dapat mewujudkan pemerintahan kampung mandiri seperti pada sektor pertanian, perkebunan, peternakan dan industri kecil.*

 

Lihat : LPM Harus Berperan Aktif Kawal Program Pemerintah


Berita Terkait