Tim Gugus Tugas Covid-19 Kota Tasikmalaya Gelar Razia Tidak Bermasker, Sejumlah PNS Terjaring

Selasa, 11 Agustus 2020 14:24 Adin Wardini Daerah

Tim Gugus Tugas Covid-19 Kota Tasikmalaya Gelar Razia Tidak Bermasker, Sejumlah PNS Terjaring


Koropak.co.id - Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Tasikmalaya mulai melakukan razia tidak bermasker sesuai dengan Peraturan Walikota (Perwalkot) Nomor 29 tahun 2020 tentang Penerapan Protokol Kesehatan, dimulai dari Lingkungan Pemerintahan Kota Tasikmalaya, Senin (10/8/2020).

Penerapan Perwalkot yang memuat sanksi sosial hingga sanksi denda Rp 50 ribu itu, dimulai dengan melakukan razia kepada para pegawai yang bekerja di Balekota dan instansi yang berada di sekitar Kompleks Balekota Tasikmalaya.

Tercatat sebanyak 8 orang pegawai yang tidak menggunakan masker, terjaring razia oleh Tim Gugus Tugas. Mereka terdiri dari 5 orang Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan 3 orang pegawai magang. Meski membawa masker namun hanya sebatas dikalungkan di leher.

Perwira pengendali pengawas protokol kesehatan Covid-19, Kapten Chb Agus Rakmat mengatakan, Tim Gugus Tugas sengaja menggelar sidak terlebih dahulu ke Lingkungan Pemerintah Kota Tasikmalaya sebelum melakukan tindakan kepada masyarakat.

 

Baca : Disiplin Pakai Masker, Walikota Tasikmalaya Yakin Masuk Zona Hijau

 

"Kami tindak dulu di lingkungan pemerintahnya. Jangan sampai memberikan tindakan kepada masyarakat tetapi pemerintahnya sendiri kami abaikan. Dari sidak ini, sebanyak 8 orang yang tidak menggunakan masker berhasil kami jaring," kata Agus.

Disebutkan, untuk kedelapan orang yang terjaring razia, Tim Gugus Tugas langsung memberikan sanksi sosial berupa aksi membersihkan lingkungan Pemerintah Kota Tasikmalaya. Namun, jika minggu depan masih terlihat tidak menggunakan masker, maka akan penerapan sanksi yang lebih berat.

"Jika orang yang sama ditemukan masih melanggar aturan untuk bermasker, Tim Gugus Tugas akan memberikan sanksi denda dengan nominal rupiah yang sudah diterapkan dalam Peraturan Pemerintah Kota Tasikmalaya yakni sebesar Rp 50.000.*

 

Baca : Tak Pakai Masker Akan Kena Denda Rp 100 Ribu, Wakil Walikota Tasikmalaya Protes