Kota Tasikmalaya Baru Periksa Sampel Swab Covid-19 Sebanyak 3.000, Jauh Dari Target

Selasa, 11 Agustus 2020 19:39 Eris Kuswara Daerah

Kota Tasikmalaya Baru Periksa Sampel Swab Covid-19 Sebanyak 3.000, Jauh Dari Target


Koropak.co.id - Dinas Kesehatan Kota Tasikmalaya mencatat, hingga Selasa (11/8/2020), terdapat 3 pasien positif Covid-19 di Kota Tasikmalaya yang masih dirawat di rumah sakit. Kondisi ketiga pasien tersebut terus membaik.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Tasikmalaya, dr Uus Supangat mengatakan, hingga saat ini Dinas Kesehatan terus memantau kondisi dari tiga orang pasien positif Covid-19 tersebut. Karena, meskipun kondisinya terus membaik, namun petugas kesehatan tetap harus memastikan keberadaan virus dalam tubuh pasien melalui uji swab ulang.

“Insyaallah ketiga pasien tersebut secepatnya bisa segera pulang untuk dilakukan isolasi mandiri," kata Uus, Selasa (11/8/2020).\

 

Baca : Keluarga ASN yang asal Kota Tasikmalaya sudah jalani swab test

 

Menurut dia, ketiga pasien tersebut kemungkinan besar tertular Covid-19 saat mereka sedang berada di luar daerah Kota Tasikmalaya. Seusuai dengan aktivitas mereka yang memang sering berada di luar daerah.

Ditambahkan, Dinas Kesehatan Kota Tasikmalaya menemui kesulitan dalam melakukan pengawasan pergerakan orang yang keluar-masuk Kota Tasikmalaya. Hal itu dikarenakan, di Kota Tasikmalaya saat ini sudah tidak ada lagi pembatasan di perbatasan kota.

 

Baca : Hasil tes swab karyawan mal Kota Tasikmalaya belum juga keluar

 

"Saat ini kami cenderung lebih melakukan pengawasan di berbagai pusat keramaian di Kota Tasikmalaya seperti di pasar, mall dan tempat aktivitas publik lainnya. Selain itu, para petugas kesehatan juga terus melakukan swab test di beberapa lokasi untuk mencegah penyebaran Covid-19 agar tidak meluas," ucapnya.

Uus menuturkan, Dinas Kesehatan Kota Tasikmalaya sudah melakukan sampel swab sebanyak 3.000 sampel dengan target mencapai 7.000 sampel. Hal tersebut dilakukukan untuk mengetahui dan mengukur tingkat pengendalian Covid-19 di Kota Tasikmalaya.*

 

Baca : Disiplin pakai masker, Walikota Tasikmalaya yakin masuk zona hijau