Tiga Santri Tasikmalaya Ikuti Perlombaan Hafalan Al Quran Tingkat Jawa Barat

Jum'at, 14 Agustus 2020 10:27 D. Farhan Kamil Daerah

Tiga Santri Tasikmalaya Ikuti Perlombaan Hafalan Al Quran Tingkat Jawa Barat


Koropak.co.id - Hari ini, Jumat (14/8/2020), tiga orang santri dari Kafilah Musabaqoh Hifdzil Quran (MHQ) Baitul Muslimin Indonesia (Bamusi) PDI Perjuangan Kabupaten Tasikmalaya, mengikuti semi final MHQ tingkat Jawa Barat yang digelar di Kantor Sekretariat DPD PDI Perjuangan Provinsi Jawa Barat, Jalan Pelajar Pejuang, Lengkong, Kota Bandung.

Ketiga santri sekaligus pelajar ini adalah, Ai Siti Hodijah dari Pondok Pesantren (Pontren) Darussalam Rajapolah, Alwi Muharam Fuad dari Pontren Almansyuriah Salawu dan Laila Kodariah dari Pontren Hifdzil Quran Nurul Falah Mangunreja. Masing-masng mengikuti perlombaan untuk tingkat SMP, SMA dan umum.

Sebelumnya, pada Kamis (13/8/2020), kafilah MHQ Bamusi Kabupaten Tasikmalaya ini dilepas oleh Ketua Bamusi Kabupaten Tasikmalaya, KH. Dede Saeful Anwar, M.Pd dari Mushola Pendopo Baru. Semula kafilah ini akan dilepas Bupati Tasikmalaya, namun berhalangan sakit.

"Hari ini, masing-masing peserta akan mengikuti semi final MHQ sesuai tingkatan di Provinsi Jawa Barat. Mereka adalah santri sekaligus pelajar yang lolos sebagai juara 1 pada perlombaan MHQ tingkat Kabupaten Tasikmalaya yang digelar di kantor Sekretariat DPC PDI Perjuangan Kabupaten Tasikmalaya beberapa bulan lalu," kata KH. Dede.

 

Koropak.co.id - Tiga Santri Tasikmalaya Ikuti Perlombaan Hafalan Al Quran Tingkat Jawa Barat (2)

 

Untuk tingkat SMP lanjut dia, akan dites hafalan Quran juz 29 dan 30. Untuk tingkat SMA dites hafalan Quran juz 1, 29 dan 30, sedangkan untuk umum yaitu juz 1 dan 2.

Menilik masing-masing kemampuan peserta terang KH Dede, ada optimisme besar meraih kemenangan di tingkat Jawa Barat. Ketiga peserta ini berhasil menyisihkan puluhan peserta lainnya di MHQ tingkat Kabupaten Tasikmalaya, yang rata-rata para peserta saat itu memiliki kemampuan hafalan Quran luar biasa.

"Di MHQ tingkat Kabupaten Tasikmalaya, Siti Hodijah ini berhasil meraih juara 1 dari jumlah total 45 peserta. Kemudian Alwi Muharam menyisihkan 40 peserta dan Laila Kodariah menyisihkan 30 peserta. Kemenangan kemarin merupakan modal untuk mengharumkan Kabupaten Tasikmalaya di tingkat Jawa Barat," tuturnya.

Ditambahkan, untuk MHQ tingkat Jawa Barat ini, para juara ke-1 akan mendapat hadiah umrah. "Kami mohon doa dari seluruh elemen masyarakat Kabupaten Tasikmalaya demi kelancaran dan kemudahan para peserta saat diuji oleh dewan juri sekaligus hafidz hafidzah dari sejumlah pesantren di Jawa Barat," ucapnya.*

 

Baca : PDI Perjuangan Cari Bibit Hafidz Hafidzah Kabupaten Tasikmalaya


Berita Terkait