HUT ke-75 Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia Untuk Mawas Diri

Sabtu, 15 Agustus 2020 21:47 D. Farhan Kamil Parlemen

HUT ke-75 Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia Untuk Mawas Diri

 

Koropak.co.id - Ketua DPRD Kabupaten Tasikmalaya, Asep Sopari Al Ayubi mengatakan, pada tanggal 17 Agustus 2020, Bangsa Indonesia akan memperingati Hari Ulang Tahun ke-75 Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia dengan Tema Indonesia Maju.

Sebagaimana diketahui, bahwa pada tanggal 17 Agustus 1945 merupakan tonggak bersejarah bagi Bangsa dan Negara Indonesia. Diproklamasikannya menjadi bangsa dan negara yang merdeka dan berdaulat, terlepas dari belenggu penjajahan, yang merupakan hasil jerih payah perjuangan yang panjang dari para pahlawan yang telah rela berkorban untuk memerdekakan bangsa dan negara ini dari penjajahan bangsa lain.

Jika mengenang perjuangan para pahlawan tahun 1945 terang dia, terlintas jelas di benak masyarakat Indonesia bahwa pertempuran bagaikan api yang tak kunjung padam, begitu hebat menyatu pada jiwa para pahlawan pejuang 45.

"Yang terpenting saat ini adalah, peran kita semua untuk terus meningkatkan jiwa dan semangat 45 dengan berbagai prestasi disegala bidang untuk mewujudkan jiwa pembangunan yang tangguh. Mari tumbuhkan terus semangat persatuan dan kesatuan demi cita-cita kemerdekaan," tutur Asep dalam Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Tasikmalaya dengan agenda Mendengarkan Pidato Kenegaraan Presiden Republik Indonesia sebagai rangkaian peringatan ulang tahun ke-75 Proklamasi Kemerdekaan RI Tahun 2020, Jumat (14/8/2020).

 

Koropak.co.id - HUT ke-75 Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia Untuk Mawas Diri (2)

 


Untuk itu lanjut Asep, sudah seyogianya masyarakat sebagai generasi penerus, menyambut dan merayakan peringatan HUT Kemerdekaan RI untuk mengenang jasa-jasa para pahlawan, serta mensyukuri nikmat kemerdekaan ke hadirat Allah SWT, karena semua itu pada hakikatnya merupakan anugerah dan berkah dari Allah SWT.

"Rasa syukur itu antara lain dapat diwujudkan dengan mengevaluasi diri sudah sampai sejauh mana langkah kita dalam mengisi kemerdekaan ini, meningkatkan semangat dan rasa tanggungjawab untuk melanjutkan perjuangan dalam membangun masa depan serta merealisasikan cita-cita luhur Kemerdekaan RI sebagaimana diamanatkan dalam pembukaan Undang-Undang Dasar 1945," ujarnya.

Di samping itu Bangsa Indonesia hari ini, perlu introspeksi dan mawas diri serta mengkaji kekurangan serta kelemahan dalam mengarungi perjalanan hidup di alam kemerdekaan yang sedang dinikmati saat ini.

Hal itu, agar semua terdorong untuk berupaya memperbaiki kelemahan dan kekurangan tersebut, untuk senantiasa berupaya meningkatkan kemajuan bagi Bangsa dan Negara Republik Indonesia, khususnya untuk kemajuan Kabupaten Tasikmalaya ini.*