Film Bisa Jadi Ajang Promosi Destinasi Wisata dan Diplomasi Budaya Kota Tasikmalaya

Minggu, 16 Agustus 2020 14:21 Eris Kuswara Daerah

Film Bisa Jadi Ajang Promosi Destinasi Wisata dan Diplomasi Budaya Kota Tasikmalaya

 

Koropak.co.id - Anggota Komisi X DPR-RI, H Ferdiansyah SE., MM. membuka kegiatan Penayangan Film Indonesia "Preman Pensiun" Dalam Rangka Memperingati HUT RI Ke-75 yang dilaksanakan di Halaman Depan SMKN 2 Kota Tasikmalaya, Sabtu (15/8/2020).

Dalam kegiatan yang dihadiri pula Kepala Dinas Pendidikan Kota Tasikmalaya, H Budiaman Sanusi, Direktur Perfilman, Musik dan Media Baru Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Ahmad Mahendra, Kepala SMKN 2 Kota Tasikmalaya, Drs H Desnueri dan Kepala SMKN 4 Tasikmalaya, Dr H Wawan, S.Pd., M.M.

Ferdiansyah mengatakan, Komisi X DPR-RI dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dalam hal ini Direktorat Jendral Kebudayaan, Perfilman, Musik dan Media Baru, meyakini bahwa budaya serta segala hal tentang Indonesia bisa dipromosikan melalui film.

"Untuk ke depannya, kami memiliki keinginan bukan hanya sekedar pemutaran film saja, tetapi diharapkan mampu mencetak para sineas muda dari Kota Tasikmalaya. Maka untuk itu, tenaga keperfilman yang memiliki potensi di Kota Tasikmalaya nantinya akan dilibatkan dalam berbagai pendidikan dan pelatihan untuk meningkatkan kapasitas dan kualitas mereka," kata Ferdiansyah.

 

Koropak.co.id - Film Bisa Jadi Ajang Promosi Destinasi Wisata dan Diplomasi Budaya Kota Tasikmalaya

 

 

Baca : H. Ferdiansyah Buka Workshop Skenario Film

 

Ditambahkan, melalui media film ini juga, diyakini bisa dijadikan sebagai ajang promosi, diplomasi budaya dan memperkenalkan destinasi wisata atau tempat lainnya yang ada di Kota Tasikmalaya. Di samping itu juga, masyarakat bisa lebih mengenal dan mencintai produk-produk Indonesia.

"Film nasional nantinya harus bisa menjadi tuan rumah di negara sendiri. Bukan itu saja, bahkan film nasional itu juga mampu mewarnai kemajuan atau perkembangan dunia perfilman internasional," ucapnya.

 

Baca : H. Ferdiansyah Pandang Pentingnya Branding Daerah

 

Ia menyebutkan, selain dalam rangka memperingati HUT RI Ke-75, kegiatan ini bisa dijadikan sebagai tuntunan dan tontonan untuk anak muda agar lebih mencintai perfilman nasional. Karena, sebenarnya karya anak bangsa sendiri cukup menarik.

Adapun untuk film yang ditayangkan ini, yakni Preman Pensiun yang notabene ada budaya sundanya, tercatat sudah mencapai lebih dari 2,8 juta penonton di bioskop.

"Secara langsung atau tidak langsung, perfilman ini dapat memperkenalkan sebuah kreatifitas yang ada di Kota Tasikmalaya mulai dari batik, kelom geulis, payung geulis dan bordirnya," ucapnya.*

 

Baca : Sineas Muda Akan Diberikan Pelatihan Agar Dapat Menciptakan Karya Terbaik