Bantu Belajar Daring, Kejari Kabupaten Tasikmalaya Buka Layanan Internet Gratis

Rabu, 19 Agustus 2020 17:21 D. Farhan Kamil Daerah

Bantu Belajar Daring, Kejari Kabupaten Tasikmalaya Buka Layanan Internet Gratis

 

Koropak.co.id - Di tengah permasalahan keterbatasan jaringan internet bagi orang tua siswa kurang mampu, Kejaksaan Negeri (Kejari) Kabupaten Tasikmalaya membuka layanan internet gratis bagi para pelajar SD hingga SMA dan sederajat, yang dipusatkan di ruang perpustakaan kejaksaan, Jalan Raya Mangunreja Kabupaten Tasikmalaya.

Tidak hanya itu, untuk memudahkan siswa-siswi menyelesaikan tugas-tugas pembelajaran yang dilakukan secara online atau daring, sekaligus solusi bagi pelajar yang tidak memiliki gawai (smart phone), kejaksaan juga menyiapkan perangkat komputer.

"Ini sebagai upaya kejaksaan mendukung keberlangsungan pendidikan di tengah-tengah pandemi Covid-19, sekaligus membantu masyarakat tidak mampu khususnya warga sekitar kantor kejaksaan, melaksanakan pembelajaran secara daring," kata Kepala Kejari Kabupaten Tasikmalaya, Sri Tatmala Wahanani SH, seusai launching Program Jaksa Peduli Sekolah (Rajapolah), Rabu (19/8/2020).

Fasilitas internet gratis tersebut terang Sri, terbuka untuk seluruh kalangan pelajar SD hingga SMA dengan catatan datang ke ruang perpustakaan kejaksaan dengan membawa surat keterangan dari sekolah sebagai bukti pelajar, kemudian menggunakan masker serta mengikuti protokol kesehatan yang ditetapkan oleh kejaksaan.

"Kita siapkan tempat mencuci tangan khusus, hand sanitizer termasuk menyiapkan meja dan tempat duduk yang disesuaikan dengan aturan protokol kesehatan. Bahkan di sini kita siapkan air minum termasuk kopinya," ujar Sri.

 

Koropak.co.id - Bantu Belajar Daring, Kejari Kabupaten Tasikmalaya Buka Layanan Internet Gratis (2)

 

Baca : Anak Tak Punya HP Untuk PJJ, Orang Tua Siswa Minta Pembelajaran Tatap Muka

 

Dari pantauan Koropak, dengan didampingi beberapa guru, sejumlah siswa siswi SMP dan SMK yang berada dekat dengan kantor kejaksaan, menjajal kecepatan akses internet gratis dengan disaksikan para jaksa serta Sekertaris Dinas Pendidikan Kabupaten Tasikmalaya, H Dedi Abdullah dan Kabid SD, Tantan.*

"Alhamdulillah dengan program ini, Kejari Kabupaten Tasikmalaya menjadi kejaksaan kedua di Jawa Barat setelah Depok yang peduli terhadap dunia pendidikan di tengah-tengah pandemi Covid-19," kata Sri.

Sementara itu, Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten, H. Dedi Abdullah mengatakan, atas nama pribadi dan Dinas Pendidikan, menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada pihak kejaksaan dengan digulirkannya "Rajapolah".

"Ini artinya, kejaksaan mempunyai perhatian sangat luar biasa untuk mengurangi sejumlah permasalahan dalam pembelajaran terutama untuk jenjang SD dan SMP. Dimana hingga saat ini pembelajaran dilakukan secara jarak jauh baik daring maupun luring," kata Dedi.*

 

Baca : PJJ Menuai Banyak Persoalan, Dewan Mengajak Kerja Bareng Mencari Solusi