UI Salurkan Bantuan Ventilator Ke RS Rujukan Covid-19 di Kabupaten Tasikmalaya

Rabu, 19 Agustus 2020 21:36 D. Farhan Kamil Nasional

UI Salurkan Bantuan Ventilator Ke RS Rujukan Covid-19 di Kabupaten Tasikmalaya

 

Koropak.co.id - Keberadaan RSUD SMC Kabupaten Tasikmalaya kian diperhitungkan. Dengan berbagai fasilitas dan layanan kesehatan serta kesigapan penanganan kasus-kasus kesehatan berupa sesak nafas berat salah satunya akibat Covid-19, menjadikan SMC ini sebagai salah satu RS yang dipilih Universitas Indonesia (UI) untuk menerima penghargaan dan bantuan Ventilator UI Covent-20.

Dengan kehadiran alat tersebut, rumah sakit milik Pemerintah Kabupaten Tasikmalaya ini, diyakini memiliki kesiapan lebih dalam akselerasi membantu pasien-pasien Covid-19 dengan gejala sedang hingga berat.

"Hari ini, kami mendapat penghargaan dari UI berupa bantuan Ventilator UI Covent-20 yang diserahkan oleh DR. Munir Yani dari Fakultas Teknik UI mewakili Rektor, di Aula Utama UI Depok," kata Dewan Pengawas RSUD SMC, H. Asep Nurjaeni, SH didampingi Kepala Bidang Keperawatan RSUD SMC, Mulyana Darsana, MM, Rabu (19/8/2020).

 

Baca : Kini RSUD SMC Hanya Butuh 45 Menit Untuk Tentukan Positif Covid-19

 

Menurut Asep, penghargaan itu memang layak diterima SMC yang selama ini dengan segala kesigapannya mampu bergerak cepat menangani pasien-pasien dengan gangguan sesak nafas berat salah satunya akibat virus corona.

"RSUD SMC dengan jarak jangkuan cukup jauh dari hampir seluruh puskesmas yang ada, menjadi pertimbangan tersendiri bagi pihak UI, untuk memberikan bantuan alat kesehatan yang sangat penting di tengah-tengah pandemi Covid-19. Maka meskipun masih berbatas jumlah, namun lengkap sudah fasilitas kesehatan yang dimiliki RSUD SMC dalam rangka percepatan penanganan Covid-19 di Kabupaten Tasimalaya," ujarnya.*

 

Baca : Pemkab Tasikmalaya Menambah 24 Ruang Isolasi Corona di RS SMC


Berita Terkait