Pemkot Tasikmalaya Akan Bubarkan Kerumunan Warga di Panggung Agustusan

Sabtu, 22 Agustus 2020 15:26 Eris Kuswara Daerah

Pemkot Tasikmalaya Akan Bubarkan Kerumunan Warga di Panggung Agustusan


Koropak.co.id - Sebagai upaya mencegah penyebaran Covid-19, Pemerintah Kota Tasikmalaya membuat larangan untuk menggelar acara "Agustusan atau Peringatan HUT RI Ke-75" yang bersifat mengundang kerumunan massa dengan jumlah banyak.

Larangan tersebut sebagaimana diatur dalam Peraturan Walikota Tasikmalaya (Perwalkot) Nomor 29 Tahun 2020 tentang Penerapan Protokol Kesehatan di Ruang Publik atau Fasilitas Umum selama penerapan Adapatasi Kebiasaan Baru (AKB) di masa pandemi Covid-19.

Seperti kebiasaan umumnya, dalam rangka menyambut HUT RI masyarakat yang berada di perkampungan maupun di perkotaan, menggelar acara dangdutan atau band muda-mudi dengan memakai panggung di lapangan terbuka.

Sekretaris Daerah Kota Tasikmalaya, H Ivan Dikcsan mengatakan, Pemerintah Kota Tasikmalaya menyarankan agar masyarakat tidak mengadakan acara yang mengundang massa dalam jumlah banyak, terlebih lagi digelarnya di panggung terbuka.

 

Baca : Patroli Malam di Kota Tasikmalaya Bubarkan Kerumunan Warga

 

Bahkan menurutnya, pihaknya bersama Tim Gugus Tugas akan melakukan tindakan tegas mulai dari sanksi teguran, sanksi sosial, sanksi denda hingga penutupan acara kegiatan.

"Perlu diketahui bahwa pelaksanaan acara panggung yang digelar di lapangan terbuka itu akan mengundang massa banyak. Di situ biasanya penonton akan berdesakan dan berjoget ria mengiringi acara dangdutan," kata Ivan, Sabtu (22/8/2020).

Ditambahkan, hal itu tentunya mengabaikan penerapan protokol kesehatan akibat massa yang begitu banyak, sehingga rawan terjadinya penularan Covid-19.

"Jika acara tersebut tetap digelar, syaratnya adalah saat pelaksanaannya tidak menimbulkan massa yang banyak dan diawasi ketat oleh petugas tim gugus tugas gabungan untuk memantau penerapan protokol kesehatan seperti harus menggunakan masker dan tidak berkerumun," ucapnya.

 

Baca : Bubarkan Kerumunan Orang, Polres Tasikmalaya Tegakan Aturan Social Distancing

 

Ivan menuturkan, selama ini tim gugus tugas penanganan Covid-19 Kota Tasikmalaya terus menerjunkan timnya untuk berkeliling dan merazia kerumunan orang. Terlebih lagi di bulan Agustus ini, masih ada warga yang nekat mengadakan acara panggung terbuka yang mengundang massa banyak.

"Jika kami menemukan masyarakat yang masih nekat untuk menggelar acara dangdutan atau band dan acara lainnya di panggung terbuka, maka akan segera ditindak oleh tim gugus tugas melalui bidang operasi, tim gabungan antara Pemerintah Kota Tasikmalaya, TNI dan Polri setempat,” ujarnya.*

 

Baca : Hindari Kerumunan, Solusi Mudah Mencegah Terpapar Virus Corona


Berita Terkait