Lanud Wiriadinata Gelar Seminar Solusi Ketahanan Pangan di Masa Pandemi

Rabu, 26 Agustus 2020 21:47 Dede Hadiyana Daerah

Lanud Wiriadinata Gelar Seminar Solusi Ketahanan Pangan di Masa Pandemi

 

Koropak.co.id - Diprakarsai oleh Asisten Potensi Dirgantara (Aspotdirga) Kasau Lanud Wiriadinata menggelar Seminar Pembinaan Potensi Dirgantara yang berlangsung di Gedung Rukandi Lanud Wiriadinata Kota Tasikmalaya, Selasa (25/8/2020).

Dengan mengusung tema "Ketahanan Pangan dalam menghadapi Pandemi Covid-19 serta peranan Drone dalam Pertanian" tersebut, dihadiri oleh Pabandya Bintertaswilud Paban VI Spotdirga, Letkol Pom Jefry B Purba, Pabadya Penat Paban 1/Renspotdirga Letkol Adm R Budi Setiyono S.AP., M.Si., serta Asisten Daerah 2 Staf Ahli Ekonomi Kota Tasikmalaya, Jalaludin dan unsur Forkopimda Kota Tasikmalaya.

Pabadya Penat Paban 1/Renspotdirga, Letkol Adm R Budi Setiyono S.AP, M.Si, menuturkan, dengan adanya ancaman pandemi Covid-19, maka TNI AU harus mampu mendayagunakan seluruh potensi kekuatan secara maksimal baik di pusat maupun jajaran salah satunya Lanud Wiriadinata.

"Memberdayakan pangkalan udara tidak hanya Sumber Daya Manusia (SDM), Sumber Daya Alam (SDS), dan Sumber Daya Buatan (SDB) saja, akan tetapi semua sarana dan prasarana yang dimiliki harus bisa dipotensikan seperti pemanfataan teknologi drone," ujar Budi dalam sambutannya.

 

Baca : Peringati Hari Bakti TNI AU Ke-73, Lanud Wiriadinata Gelar Donor Darah

 

Sementara itu, Komandan Lanud Wiriadinata Letkol Nav Ali Sudirman Pasaribu, SH menjelaskan, manfaat drone dalam pertanian di antaranya sebagai sistem pemantau pertumbuhan tanaman serta penyemprotan untuk membasmi hama.

"Semoga dengan adanya seminar ini dapat memberikan manfaat dalam mengahadapi pandemi Covid-19 khususnya di sektor ketahanan pangan dan dari sektor pertanian, dengan memanfaatkan teknologi drone," ucap Ali.

Adapun selaku narasumber dalam Seminar tersebut, di antaranya Dekan Fakultas Pertanian Universitas Siliwangi Dr. H. Dedi Heryadi, Ir., M.Sc., Pabandya Bintertaswilud Paban VI Spotdirga Letkol Pom Jefry B Purba, dan Komunikolog Dosen Megister Ilmu Komunikasi Universitas Marcu Buana Dr. Rosmawaty Hilderiah Pandjaitan, S.Sos., M.T., CPR., CICS.

Dalam kesempatan tersebut juga, Drone Spray produksi PT. Famindo Inovasi Teknologi yang merupakan binaan dari Spotdirga, memperlihatkan cara kerjanya yang berfungsi untuk menyiram pupuk cair yang disemprotkan ke tanaman.*

 

Baca : Dukung Ketahanan Pangan, Lanud Wiriadinata Tasikmalaya Manfaatkan Lahan Tidur